Analisis usaha dekorasi serta contoh business plan


        Dekorasi adalah bidang yang tak bisa dipandang sebelah mata. Seni menghias yang berakar dari kreativitas dalam mewujudkan kepribadian seseorang dalam tata letak dan bentuk ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Konsumen Bisnis Dekorasi
        Perusahaan, panitia seminar, event organizer (EO), orang yang mengadakan pesta dan acara yang memerlukan panggung.

Bagaimana Memulai Bisnis Dekorasi
        Cukup mudah untuk memulai bisnis ini, hanya membutuhkan kreativitas kita atau seseorang yang bisa kita bayar untuk itu. Kadang, bahkan konsep sudah ditentukan penyewa jasa kita sehingga kita hanya mengikuti keinginan mereka saja. Yang lebih penting, adalah sebaiknya kita memberikan contoh berupa foto-foto dekorasi panggung. Foto—foto tersebut bisa kita buat sendiri atau foto dari berbagai acara. Foto-foto tersebut kemudian kita tawarkan kepada calon pelanggan kita dan memberikan penjelasan bahwa kita bisa membuat dekorasi semacam itu dan bahkan lebih bagus, tergantung keinginan pelanggan.
Hambatan
        Belum begitu banyak yang mengenal bisnis ini, sehingga kita perlu mensosialisasikan ke masyarakat, karena kalau untuk perusahaan biasanya sudah mengenal bisnis ini dan mempunyai langganan. Selain itu, bisnis ini membutuhkan kreativitas tersendiri dan ide- ide yang segar dan menarik. Kita sebaiknya mempunyai dua hal itu.
Kunci  Sukses
        Pertama kali sebaiknya menjalin kerjasarna dengan event organizer dan semacamnya agar pada saat ada acara, mereka menggunakan jasa kita meski hanya untuk dekorasi di panggung saja. Kita juga bisa membuat proposal dan menghubungi perusahaan-perusahaan sehingga mereka mengenal bisnis kita ini dan menjadi langganan kita.
Buatlah Brosur dan kartu nama yang menarik, dan sebarkan ke sebanyak mungkin kontak dan calon konsumen potensial.

Analisis BEP Bisnis Dekorasi

Contoh business plan jasa dekorasi
Disusun Oleh :Fairuzi Madini (2017)

RINGKASAN EKSEKUTIF

Sekilas tentang bisnis Tiys ini, bisnis yang saya ingin kembangkan yaitu bisnis di
bidang jasa dimana memberikan pelayanan dekorasi atau party décor planner untuk
berbagai acara seperti surprise party, bridal shower, baby shower, dll. Pada awalnya ide ini
muncul dari hobi dan pelangaman pribadi. Perkembangan zaman dan gaya hidup masa kini
mendukung orang-orang terutama anak-anak remaja dan orang-orang dewasa untuk
menggunakan jasa party planner sebagai jasa mendekorasi pesta untuk memaniskan
suasana pesta. Dimulai dari mendekor meja makan dengan bunga, lilin, hingga aksesoris
lainnya. Dengan munculnya usaha Tiys ini, memudahkan mereka yang ingin mendekor
pestanya sesuai dengan keinginannya agar terlihat lebih manis dan menarik. Tiys
menerapkan sistem paket untuk harga/ dekorasi, dengan harga Rp 1.000.000 konsumen
akan mendapatkan kesan dan memori yang menyenangkan bagi pesta mereka.


I. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

        Mengadakan pesta tampaknya menjadi suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh setiap orang. Tujuan dari merayakan pesta itu sendiri adalah ingin berbagi kebahagiaan kepada kerabat terdekat sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah diraih. Agar pesta tersebut lebih berkesan, biasanya sebagian orang memilih untuk mendekorasinya sesuai dengan tema pesta tersebut . Seperti fenomena yang sedang terjadi di kalangan masyarakat saat ini, kebanykan orang datang ke sebuah restoran karena tema restoran tersebut unik , atau dekorasi interior restoran tersebut lucu , Bahkan mereka lebih memperdulikan dekorasi daripada makanan di restoran itu sendiri , karena itu semua untuk kepentingan social media . 
        Hal ini juga berlaku untuk sebuah pesta , banyak orang yang membuat pesta tetapi yang di nomor satu kan adalah dekorasinya , karena dekorasi sebuah pesta itu merupakan bumbu penyedap utama dari sebuah pesta , pesta tersebut akan menjadi lebih meriah bila di dekor . Tetapi mungkin sebagian orang juga ada yang tidak perduli , dan ada yang perduli tetapi tidak mempunyai waktu untuk mendekor acaranya sendiri . dari pada itulah kami melihat adanya peluang untuk membuat suatu usaha dibidang jasa dekorasi .

1.2 Tujuan

        Menggunakan jasa Party Planner merupakan cara yang bagus untuk menghemat biaya dan memastikan detil yang penting sudah diurus. Party Planner yang profesional tahu apa yang mereka kerjakan. Tak hanya itu, menyewa jasa Party Planner dapat menjadi aset yang sangat berharga untuk kelancaran sebuah pesta. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari menggunakan jasa Party Planner profesional yang harus di simak:

1. Anggaran Terkendali
        Dengan menggunakan Party Planner , customer tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli properti – properti , seperti placemat , standing candle , dsb. Customer hanya dikenakan harga sewa . Jadi disini Party Planner juga menghindarkan peristiwa membeli barang kemudian dipakainya hanya sekali saja , karena biasanya seseorang enggan membuat pesta dengan tema yang sama dengan sebelumnya.

2. Tema yang Tepat
        Anda mungkin menginginkan sesuatu yang berbeda dan unik untuk party yang akan
datang, dan disitulah tempat dimana Party Planner dapat menunjukkan keahlian dan
pengalamannya. Party Planner akan membantu Anda merancang sebuah konsep dan
tema, ataupun memberikan saran dan alternatif untuk memastikan Anda puas
dengan tema tersebut.

3. Fleksibelitas
        Untuk calon customer yang tidak mempunya waktu luang yang banyak untuk mengurus acaranya, fleksibelitas yang diberikan party planner memudahkan anda untuk memberikan masukan sebanyak atau sesedikit yang anda inginkan. Party planner memungkinkan anda untuk terlibat aktif atau tidak terlibat, semuanya merupakan pilihan anda.

4. Menghemat Waktu
        Merencanakan sebuah pesta membutuhkan banyak waktu untuk memastikan pesta tersebut berjalan dengan lancar. Party planner akan menghabiskan waktunya untuk meneliti, merencanakan dan melakukan negosiasi untuk membantu Anda mendapatkan apa yang Anda mau.

1.3 Profil Perusahaan

Nama Perusahaan : This Is Your Story ( TIYS )
Jenis Perushaan    : Perusahaan penyedia jasa
No. Tlp                     : +6281280927509
E-mail                      : Thisis.yourstory@yahoo.co.id
Instagram               :@tiys_

1.4 Profil Pemilik Perusahaan

Pemilik Perusahaan 1 : Fairuzi Madini
TTL                                 : Depok , 11 September 1996
No. Tlp                           : 081280927509
E-mail                            : fmadini@rocketmail.com
Instagram                      : @maadini_


1.5 Visi dan Misi

Visi : 
Menjadi Party Planner yang mampu mendengarkan dan mewujudkan keinginan konsumen, karena “ This Is Your Story “

Misi :
1. Memberi kualitas terbaik pada customer dalam setiap acara
2. Membangun Tim yang kreatif , penuh ide unik, berbeda, serta professional dalam bekerja
3. Melakukan komunikasi yang baik dengan customer
4. Membangun suasana kerja yang enjoy , dan menyenangkan

II. Pasar dan Pemasaran

2.1 Jasa yang di tawarkan

        Tiys merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa untuk membantu dan memenuhi keinginan customer yang ingin membuat dekorasi sebuah pesta atau memberikan kejutan untuk orang terkasih , seperti

1. Merancang kejutan dan mendekorasi meja untuk romantic dinner
2. Mendekorasi ruangan untuk prewedding photo shoot
3. Mendekorasi restaurant untuk acara bridal shower
4. Mendekorasi Lamaran , dll.

2.2 Pasar Segmentasi

• Geografis
        TIYS menjalankan usahanya di 2 kota yaitu Jakarta , Depok, dan Bogor .

• Demografis
        Segmen Demografis yang ditargetkan TIYS yaitu laki – laki , dan perempuan, juga dari semua umur ( remaja , dewasa , dll )

• Psikologis
        Customer yang tertarik pada bisnis ini , biasanya yang bergaya hidup cukup mewah , praktis , dan juga tidak memiliki waktu luang .

2.3 Besar Potensi Pasar Usaha yang sedang di jalankan

        Seiring dengan makin populernya budaya menggelar pesta di kalangan masyarakat, bisnis party planner bisa menjajikan untung cukup besar. Pada ritme kehidupan modern yang serba sibuk, seringkali orang-orang di kota besar tak memiliki cukup waktu untuk merencanakan pesta yang diinginkannya.

2.4 Analisa Pesaing

Pesaing : 
PPJ ( Party Planner Jakarta )

Keunggulan : 
- Sudah jauh lebih terkenal
- Bisnisnya sudah lama berjalan , dan sudah banyak pengalaman

Kelemahan :
Harga yang ditawarkan sangatlah mahal

2.5 Strategi Pemasaran

        Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Semua kegiatan bisa dilakukan oleh smartphone yang kita punya saat ini , mulai dari telepon , video call , mengirim gambar , video , bermain saham, bahkan untuk promosi suatu produk , maka dari itu kami memutuskan untuk memilih 4 media untuk memasarkan jasa kami

1. Social Media
        Tepatnya Instagram , menurut kompasiana tahun 2017 pengguna Instagram mencapai 600 juta orang perharinya , dan Indonesia merupakan Negara terbesar ketiga pengguna Instagram , maka kami rasa , memasarkan product melalui Instagram merupakan hal yang sangat tepat

2. Facebook pages
        Instagram telah bekerja sama dengan facebook untuk membuat business tools , pada akun Instagram , hal ini sangat populer dikalangan online shop di Instagram dan dengan facebook pages kita bias melihat ada berapa orang yang telah melihat bisnis profil kamu , brp orang yang menekan tombol “ e – mail “ pada akun online shop kami , dsb .

3. Brosur
        Pembagian brosur kami lakukan pada saat , hari H kita mendekorasi suatu acara atau pesta , jadi calon customer dapat melihat portfolio kami dan juga hasil aslinya. 

4. Word of Mouth
        Karena ini adalah bisnis dibidang jasa , sebagian orang banyak yang memilih jasa berdasarkan pengalaman seseorang , baik keluarganya maupun kerabatnya , jadi TIYS akan berusaha semaksimal mungkin untuk meninggalkan kesan sangat baik , dengan begitu konsumen akan menjadi loyal .

2.6 Analisis SWOT

• Strength
- Tiys merupakan party planner yang beda daripada yang lain , biasanya party planner lain sudah diberi kepastian akan mendekorasi di mana , tetapi kami membantu para customer untuk mencari dan memesan venue terbaik untuk merayakan pestanya . kami juga memberikan short film mengenai dekorasi acara tersebut, dekorasi yang kami tawarkan sudah termasuk kue / snack dan juga balon.

- Tiys sangat mengutamakan keramahan pelayanannya kami melayani apapun permintaan dekorasi untuk pesta customer
- Harga yang ditawarkan jauh lebih murah disbandingkan harga pesaing

• Weakness
- Bagi sebagian orang harga yang kami tawarkan terbilang mahal

• Opportunity
- Semakin populernya budaya menggelar pesta di kalangan masyarakat

• Threats
- Sulit untuk mendapatkan properti yang murah
- belum bekerja sama dengan restaurant sehingga ada beberapa restaurant yang memberikan charge mahal , untuk mendekorasi mejanya / ruangannya , meskipun hal tersebut ditanggung oleh customer biayanya , tetapi itu membuat dekorasi Tiys terkesan mahal

2.7 Rencana Pengembangan Bisnis
        rencana untuk jangka panjang adalah kami ingin membuka dekorasi lamaran , pernikahan , mall event , pop up store , dll.

III. Produksi dan Operasi

3.1 Produk / Jasa yang di tawarkan

3.2 Proses Produksi dan Operasi

1. Customer yang ingin memakai jasa Tiys harus melakukan reservasi terlebih dahulu maximal 2 minggu sebelum acara

2. ( Setelah Melakukan Reservasi ) Setelah tanggal , tempat , dan tema sudah dikonfirmasi, calon customer melakukan Dp sebesar 50 %

3. ( Hari H ) Team dari This is your Story akan datang 4/5 jam sebelum acara , karena proses pengerjaan 2-3 jam , dan 2 jam sebelum acara , dekorasi harus sudah standby , Setelah dekor selesai customer melakukan pelunasan.

4. Setelah dekor selesai , team dari Tiys akan tetap standby ditempat karena khawatir akan terjadi kerusakan pada dekorasi , dsb.

3.3 Risiko Bisnis

Dalam membuka usaha kecil, kita harus siap menerima resiko dan hambatan yang mungkin terjadi.

1. Resiko tersebut dapat berupa terbatasnya waktu luang yang kami miliki

2. Selain itu kerugian antara modal dan pendapatan, karena untuk menjalankan bisnis ini diperlukan modal yang besar untuk membeli properti , kita harus bias memperhitungkan dalam orderan keberapa modal kita bias balik , tetapi dengan tidak menaikkan harga

3.4 Antisipasi Risiko Bisnis

Untuk mengantisipasi akan terjadinya risiko bisnis , maka 

1. Kami akan mengambil order maximal 2 orderan dalam seminggu, dikarenakan kami menjalankan bisnis ini sembari kuliah , kami tidak mau ada detail – detail yang terlewatkan dan agar team kami bias bekerja secara maksimal

2. Team dari tiys akan belajar lebih bayak lagi untuk mengkombinasi properti – properti yang sudah dipakai di acara sebelum- sebelumya , jadi kami meminimalisasi pembelian properti

IV. Anggaran Biaya

Peralatan penunjang

V. Kesimpulan

        Merintis usaha baru dengan menjual jasa party planner dan dekorasi merupakan suatu usaha yang memiliki peluang cukup besar , walaupun pesaing terus bermunculan tetapi , masing – pasing party planner mempunyai taste atau kreativitas yang berbeda satu sama lain , media promosi pun tidak harus selalu mengeluarkan uang , dizaman modern ini promosi bisa dilakukan di social media . yang terpenting adalah terus berinovasi dan melakukan promosi .


Pustaka
https://kampungwirausaha.com/ide-usaha-modal-kecil-bisnis-dekorasi/
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3770955/ingin-punya-usaha-dekorasi-sini-intip-dulu-tips-singkatnya

Comments

Post a Comment

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad