Dekorasi adalah bidang yang tak bisa dipandang sebelah mata. Seni
menghias yang berakar dari kreativitas dalam mewujudkan kepribadian
seseorang dalam tata letak dan bentuk ini bisa menjadi bisnis yang
menguntungkan.
Konsumen Bisnis Dekorasi
Perusahaan, panitia seminar, event organizer (EO), orang yang mengadakan pesta dan acara yang memerlukan panggung.
Bagaimana Memulai Bisnis Dekorasi
Cukup mudah untuk memulai bisnis ini, hanya membutuhkan
kreativitas kita atau seseorang yang bisa kita bayar untuk itu. Kadang,
bahkan konsep sudah ditentukan penyewa jasa kita sehingga kita hanya
mengikuti keinginan mereka saja. Yang lebih penting, adalah sebaiknya
kita memberikan contoh berupa foto-foto dekorasi panggung. Foto—foto
tersebut bisa kita buat sendiri atau foto dari berbagai acara. Foto-foto
tersebut kemudian kita tawarkan kepada calon pelanggan kita dan
memberikan penjelasan bahwa kita bisa membuat dekorasi semacam itu dan
bahkan lebih bagus, tergantung keinginan pelanggan.
Hambatan
Belum begitu banyak yang mengenal bisnis ini, sehingga kita perlu
mensosialisasikan ke masyarakat, karena kalau untuk perusahaan biasanya
sudah mengenal bisnis ini dan mempunyai langganan. Selain itu, bisnis
ini membutuhkan kreativitas tersendiri dan ide- ide yang segar dan
menarik. Kita sebaiknya mempunyai dua hal itu.
Kunci Sukses
Pertama kali sebaiknya menjalin kerjasarna dengan event organizer
dan semacamnya agar pada saat ada acara, mereka menggunakan jasa kita
meski hanya untuk dekorasi di panggung saja. Kita juga bisa membuat
proposal dan menghubungi perusahaan-perusahaan sehingga mereka mengenal
bisnis kita ini dan menjadi langganan kita.
Buatlah Brosur dan kartu nama yang menarik, dan sebarkan ke sebanyak mungkin kontak dan calon konsumen potensial.
Analisis BEP Bisnis Dekorasi
Contoh business plan jasa dekorasi
Disusun Oleh :Fairuzi Madini (2017)
RINGKASAN EKSEKUTIF
Sekilas tentang bisnis Tiys ini, bisnis yang saya ingin kembangkan yaitu bisnis di
bidang jasa dimana memberikan pelayanan dekorasi atau party décor planner untuk
berbagai acara seperti surprise party, bridal shower, baby shower, dll. Pada awalnya ide ini
muncul dari hobi dan pelangaman pribadi. Perkembangan zaman dan gaya hidup masa kini
mendukung orang-orang terutama anak-anak remaja dan orang-orang dewasa untuk
menggunakan jasa party planner sebagai jasa mendekorasi pesta untuk memaniskan
suasana pesta. Dimulai dari mendekor meja makan dengan bunga, lilin, hingga aksesoris
lainnya. Dengan munculnya usaha Tiys ini, memudahkan mereka yang ingin mendekor
pestanya sesuai dengan keinginannya agar terlihat lebih manis dan menarik. Tiys
menerapkan sistem paket untuk harga/ dekorasi, dengan harga Rp 1.000.000 konsumen
akan mendapatkan kesan dan memori yang menyenangkan bagi pesta mereka.
I. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Mengadakan pesta tampaknya menjadi suatu kegiatan yang sering
dilakukan oleh setiap orang. Tujuan dari merayakan pesta itu sendiri
adalah ingin berbagi kebahagiaan kepada kerabat terdekat sebagai bentuk
rasa syukur atas apa yang telah diraih. Agar pesta tersebut lebih
berkesan, biasanya sebagian orang memilih untuk mendekorasinya
sesuai dengan tema pesta tersebut . Seperti fenomena yang sedang terjadi
di kalangan masyarakat saat ini, kebanykan orang datang ke sebuah
restoran karena tema restoran tersebut unik , atau dekorasi interior
restoran tersebut lucu , Bahkan mereka lebih memperdulikan dekorasi
daripada makanan di restoran itu sendiri , karena itu semua untuk
kepentingan social media .
Hal ini juga berlaku untuk sebuah pesta , banyak orang yang
membuat pesta tetapi yang di nomor satu kan adalah dekorasinya , karena
dekorasi sebuah pesta itu merupakan bumbu penyedap utama dari sebuah
pesta , pesta tersebut akan menjadi lebih meriah bila di dekor . Tetapi
mungkin sebagian orang juga ada yang tidak perduli , dan ada yang
perduli tetapi tidak mempunyai waktu untuk mendekor acaranya sendiri .
dari pada itulah kami melihat adanya peluang untuk membuat suatu usaha
dibidang jasa dekorasi .
1.2 Tujuan
Menggunakan jasa Party Planner merupakan cara yang bagus untuk
menghemat biaya dan memastikan detil yang penting sudah diurus. Party
Planner yang profesional tahu apa yang mereka kerjakan. Tak hanya itu,
menyewa jasa Party Planner dapat menjadi aset yang sangat berharga untuk
kelancaran sebuah pesta. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari
menggunakan jasa Party Planner profesional yang harus di simak:
1. Anggaran Terkendali
Dengan menggunakan Party Planner , customer tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli properti – properti , seperti placemat , standing candle , dsb. Customer hanya dikenakan harga sewa . Jadi disini Party Planner juga menghindarkan peristiwa membeli barang kemudian dipakainya hanya sekali saja , karena biasanya seseorang enggan membuat pesta dengan tema yang sama dengan sebelumnya.
2. Tema yang Tepat
Anda mungkin menginginkan sesuatu yang berbeda dan unik untuk party yang akan
datang, dan disitulah tempat dimana Party Planner dapat menunjukkan keahlian dan
pengalamannya. Party Planner akan membantu Anda merancang sebuah konsep dan
tema, ataupun memberikan saran dan alternatif untuk memastikan Anda puas
dengan tema tersebut.
3. Fleksibelitas
Untuk calon customer yang tidak mempunya waktu luang yang banyak untuk mengurus acaranya, fleksibelitas yang diberikan party planner memudahkan anda untuk memberikan masukan sebanyak atau sesedikit yang anda inginkan. Party planner memungkinkan anda untuk terlibat aktif atau tidak terlibat, semuanya merupakan pilihan anda.
4. Menghemat Waktu
Merencanakan sebuah pesta membutuhkan banyak waktu
untuk memastikan pesta tersebut berjalan dengan lancar. Party planner
akan menghabiskan waktunya untuk meneliti, merencanakan dan melakukan
negosiasi untuk membantu Anda mendapatkan apa yang Anda mau.
1.3 Profil Perusahaan
Nama Perusahaan : This Is Your Story ( TIYS )
Jenis Perushaan : Perusahaan penyedia jasa
No. Tlp : +6281280927509
E-mail : Thisis.yourstory@yahoo.co.id
Instagram :@tiys_
1.4 Profil Pemilik Perusahaan
Pemilik Perusahaan 1 : Fairuzi Madini
TTL : Depok , 11 September 1996
No. Tlp : 081280927509
E-mail : fmadini@rocketmail.com
Instagram : @maadini_
1.5 Visi dan Misi
Visi :
Menjadi Party Planner yang mampu mendengarkan dan mewujudkan keinginan konsumen, karena “ This Is Your Story “
Misi :
1. Memberi kualitas terbaik pada customer dalam setiap acara
2. Membangun Tim yang kreatif , penuh ide unik, berbeda, serta professional dalam bekerja
3. Melakukan komunikasi yang baik dengan customer
4. Membangun suasana kerja yang enjoy , dan menyenangkan
II. Pasar dan Pemasaran
2.1 Jasa yang di tawarkan
Tiys merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa
untuk membantu dan memenuhi keinginan customer yang ingin membuat
dekorasi sebuah pesta atau memberikan kejutan untuk orang terkasih ,
seperti
1. Merancang kejutan dan mendekorasi meja untuk romantic dinner
2. Mendekorasi ruangan untuk prewedding photo shoot
3. Mendekorasi restaurant untuk acara bridal shower
4. Mendekorasi Lamaran , dll.
2.2 Pasar Segmentasi
• Geografis
TIYS menjalankan usahanya di 2 kota yaitu Jakarta , Depok, dan Bogor .
• Demografis
Segmen Demografis yang ditargetkan TIYS yaitu laki – laki , dan
perempuan, juga dari semua umur ( remaja , dewasa , dll )
• Psikologis
Customer yang tertarik pada bisnis ini , biasanya yang bergaya
hidup cukup mewah , praktis , dan juga tidak memiliki waktu luang .
2.3 Besar Potensi Pasar Usaha yang sedang di jalankan
Seiring dengan makin populernya budaya menggelar pesta di
kalangan masyarakat, bisnis party planner bisa menjajikan untung cukup
besar. Pada ritme kehidupan modern yang serba sibuk, seringkali
orang-orang di kota besar tak memiliki cukup waktu untuk merencanakan
pesta yang diinginkannya.
2.4 Analisa Pesaing
Pesaing :
PPJ ( Party Planner Jakarta )
Keunggulan :
- Sudah jauh lebih terkenal
- Bisnisnya sudah lama berjalan , dan sudah banyak pengalaman
Kelemahan :
Harga yang ditawarkan sangatlah mahal
2.5 Strategi Pemasaran
Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung
pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap
orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun
menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Semua kegiatan
bisa dilakukan oleh smartphone yang kita punya saat ini , mulai dari
telepon , video call , mengirim gambar , video , bermain saham, bahkan
untuk promosi suatu produk , maka dari itu kami memutuskan untuk memilih
4 media untuk memasarkan jasa kami
1. Social Media
Tepatnya Instagram , menurut kompasiana tahun 2017 pengguna
Instagram mencapai 600 juta orang perharinya , dan Indonesia merupakan
Negara terbesar ketiga pengguna Instagram , maka kami rasa , memasarkan
product melalui Instagram merupakan hal yang sangat tepat
2. Facebook pages
Instagram telah bekerja sama dengan facebook untuk membuat
business tools , pada akun Instagram , hal ini sangat populer dikalangan
online shop di Instagram dan dengan facebook pages kita bias melihat
ada berapa orang yang telah melihat bisnis profil kamu , brp orang yang
menekan tombol “ e – mail “ pada akun online shop kami , dsb .
3. Brosur
Pembagian brosur kami lakukan pada saat , hari H kita mendekorasi
suatu acara atau pesta , jadi calon customer dapat melihat portfolio
kami dan juga hasil aslinya.
4. Word of Mouth
Karena ini adalah bisnis dibidang jasa , sebagian orang banyak
yang memilih jasa berdasarkan pengalaman seseorang , baik keluarganya
maupun kerabatnya , jadi TIYS akan berusaha semaksimal mungkin untuk
meninggalkan kesan sangat baik , dengan begitu konsumen akan menjadi
loyal .
2.6 Analisis SWOT
• Strength
-
Tiys merupakan party planner yang beda daripada yang lain , biasanya
party planner lain sudah diberi kepastian akan mendekorasi di mana ,
tetapi kami membantu para customer untuk mencari dan memesan venue
terbaik untuk merayakan pestanya . kami juga memberikan short film
mengenai dekorasi acara tersebut, dekorasi yang kami tawarkan sudah
termasuk kue / snack dan juga balon.
- Tiys sangat mengutamakan keramahan pelayanannya kami melayani apapun permintaan dekorasi untuk pesta customer
- Harga yang ditawarkan jauh lebih murah disbandingkan harga pesaing
• Weakness
- Bagi sebagian orang harga yang kami tawarkan terbilang mahal
• Opportunity
- Semakin populernya budaya menggelar pesta di kalangan masyarakat
• Threats
- Sulit untuk mendapatkan properti yang murah
-
belum bekerja sama dengan restaurant sehingga ada beberapa
restaurant yang memberikan charge mahal , untuk mendekorasi mejanya /
ruangannya , meskipun hal tersebut ditanggung oleh customer biayanya ,
tetapi itu membuat dekorasi Tiys terkesan mahal
2.7 Rencana Pengembangan Bisnis
rencana untuk jangka panjang adalah kami ingin membuka dekorasi lamaran , pernikahan , mall event , pop up store , dll.
III. Produksi dan Operasi
3.1 Produk / Jasa yang di tawarkan
3.2 Proses Produksi dan Operasi
1. Customer yang ingin memakai jasa Tiys harus melakukan reservasi terlebih dahulu maximal 2 minggu sebelum acara
2.
( Setelah Melakukan Reservasi ) Setelah tanggal , tempat , dan tema
sudah dikonfirmasi, calon customer melakukan Dp sebesar 50 %
3. (
Hari H ) Team dari This is your Story akan datang 4/5 jam sebelum acara
, karena proses pengerjaan 2-3 jam , dan 2 jam sebelum acara , dekorasi
harus sudah standby , Setelah dekor selesai customer melakukan
pelunasan.
4. Setelah
dekor selesai , team dari Tiys akan tetap standby ditempat karena
khawatir akan terjadi kerusakan pada dekorasi , dsb.
3.3 Risiko Bisnis
Dalam membuka usaha kecil, kita harus siap menerima resiko dan hambatan yang mungkin terjadi.
1. Resiko tersebut dapat berupa terbatasnya waktu luang yang kami miliki
2.
Selain itu kerugian antara modal dan pendapatan, karena untuk
menjalankan bisnis ini diperlukan modal yang besar untuk membeli
properti , kita harus bias memperhitungkan dalam orderan keberapa modal
kita bias balik , tetapi dengan tidak menaikkan harga
3.4 Antisipasi Risiko Bisnis
Untuk mengantisipasi akan terjadinya risiko bisnis , maka
1.
Kami akan mengambil order maximal 2 orderan dalam seminggu, dikarenakan
kami menjalankan bisnis ini sembari kuliah , kami tidak mau ada detail –
detail yang terlewatkan dan agar team kami bias bekerja secara maksimal
2.
Team dari tiys akan belajar lebih bayak lagi untuk mengkombinasi
properti – properti yang sudah dipakai di acara sebelum- sebelumya ,
jadi kami meminimalisasi pembelian properti
IV. Anggaran Biaya
Peralatan penunjang
V. Kesimpulan
Merintis usaha baru dengan menjual jasa party planner dan
dekorasi merupakan suatu usaha yang memiliki peluang cukup besar ,
walaupun pesaing terus bermunculan tetapi , masing – pasing party
planner mempunyai taste atau kreativitas yang berbeda satu sama lain ,
media promosi pun tidak harus selalu mengeluarkan uang , dizaman modern
ini promosi bisa dilakukan di social media . yang terpenting adalah
terus berinovasi dan melakukan promosi .
Pustaka
https://kampungwirausaha.com/ide-usaha-modal-kecil-bisnis-dekorasi/
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3770955/ingin-punya-usaha-dekorasi-sini-intip-dulu-tips-singkatnya
Love u kak
ReplyDelete