Teori Ekonomi Klasik dan Keynes di Pasar Tenaga Kerja dan Pasar Uang

Di Pasar Tenaga Kerja

Teori Ekonomi Klasik
dalam jangka pendek hanya ada pengangguran sukarela. Tetapi pengangguran inipun hanya bersifat sementara, karena apabila harga-harga turun (termasuk upah), maka konsumsi dan produksi akan kembali lagi ke tingkat semua (yaitu full employment).
      Teori Ekonomi Keynes
         Pasar Tenaga Kerja mengikuti pasar barang apabila output (Q) naik maka jumlah orang yang mendapat pekerjaan atau tingkat employment (N) juga naik. Sebaliknya, employment turun apabila output turun

      Di Pasar Uang

      Teori Ekonomi Klasik
               terdapat teori kuantitas yang menyatakan  bahwa permintaan akan uang adalah proporsional                  dengan nilai transaksi yang dilakukan masyarakat. Di Pasar ini ditentukan tingkat harga umum; apabila           jumlah uang yang beredar (penawaran akan uang) naik maka tingkat hargapun naik.
 
       Teori Ekonomi Keynes
                 Keynes mengatakan bahwa permintaan akan uang untuk spekulasi saat ini tinggi apabila tingkat             bunga saat ini (dirasa) rendah dan permintaan untuk spekulasi saat ini rendah apabila tingkat bunga                 untuk spekulasi mempunyai hubungan  yang berkebalikan dengan tingkat bunga (saat ini). Ini adalah inti          teori moneter Keynes.
Perbedaan Klasik dan Keynes terhadap Pasar Uang Mereka memiliki pandangan yangberbeda.
Menurut klasik fungsi uang sebagai alat transaksi, sedangkan menurut pandanganKeynes fungsi
uang adalah alat atau media transaksi dan penyimpan nilai kekayaan. Dimanapermintaan akan uang
untuk transaksi adalah uang kartal + uang giral. Perbedaan Klasik dan Keynes terhadap Suku
Bunga < Menurut pandangan klasik,penentuan suku bunga terjadi di pasar barang (leonable fund theory), sedangkan menurutKeynes, penentuan suku bunga terjadi di pasar uang (preferen liquidity).

Kelemahan pokok neo-klasik adalah dihilangknnya peranan pengharapan para penguasa yang dalam teori keynes memduduki peranan sentral

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad