Apa Itu Natural Farming (Pertanian Alami)?

          
        Natural farming (pertanian alami) merupakan salah satu teknik dalam budidaya pertanian. Teknik budidaya ini dikenal juga dengan sebutan do-nothing farming (bertani tanpa kerja), lazy farming (bertani malas), atau zero budget farming (bertani tanpa biaya).

          Natural farming dianggap sebagai teknik budidaya pertanian yang paling ramah lingkungan karena teknik ini memanfaatkan cara kerja alam dalam prosesnya, dari pra tanam hingga panen.

          Meskipun sering dianggap sebagai bagian dari pertanian organik, namun natural farming memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan pertanian organik yang dapat membuat teknik budidaya ini sebagai suatu teknik budidaya sendiri.


          Perbedaan yang nyata antara natural farming dengan teknik budidaya pertanian lainnya adalah jumlah input yang digunakan pada proses budidaya.




          Apabila pada teknik pertanian organik dan konvensional terdapat proses persiapan lahan, pemupukan, penyiangan dsb, pada natural farming semua proses tersebut tidak dilakukan.



          Karena prinsip utama natural farming adalah meminimalkan campur tangan manusia dan memanfaatkan hubungan alami antara tanaman-tanaman dan organisme-organisme sekitarnya dalam menyeimbangkan ekosistem.

          Campur tangan manusia hanya sebatas menentukan apa yang ditanam.

          Apabila disimpulkan menjadi sebuah definisi, Natural Farming adalah suatu pendekatan atau teknik budidaya pertanian yang memanfaatkan hubungan alami dan peran dari tanaman-tanaman serta organisme-organisme dalam suatu ekosistem untuk menghasilkan produk pertanian.





Oleh: Ghia G. Vinansyah, SP

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad