Pengertian
Visi merupakan
suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai
inti dari suatu lembaga atau organisasi. Bisa dikatakan visi menjadi tujuan
masa depan suatu organisasi atau lembaga.
Visi
memiliki pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisann tentang
tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.
Visi adalah
Sebuah pernyataan satu kalimat yang menggambarkan jangka panjang perubahan yang
diinginkan secara jelas dan inspirasional yang dihasilkan dari suatu organisasi
atau program kerja.
Visi adalah sebuah mimpi besar yang menjadi jiwa dari lahirnya
bisnis Anda. Tujuan besar inilah yang ketika tercapai akan menjadikan
perusahaan Anda mengubah dunia.
Misi adalah
suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau
instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi.
Misi adalah
penjabaran dari suatu visi.
Misi adalah Sebuah
pernyataan tertulis dari tujuan inti organisasi dan fokus dari organisasi yang
biasanya tetap, tidak berubah dari waktu ke waktu.
Misi adalah apa
yang Anda lakukan untuk mewujudkan visi.
Fungsi dan Kegunaan Visi Misi
Visi dan misi
memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri yang penting untuk diketahui,
fungsi dan kegunaan tersebut terdiri dari:
1 Untuk
mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah perkumpulan.
2 Sebagai
dorongan untuk selalu maju dan berkembang.
3 Untuk
menghindari adanya perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal
didirikannya suatu perkumpulan.
4 Untuk
senantiasa membuat perkumpulan atau lembaga tetap hidup dan berkembang.
5 Untuk
memudahkan anggotanya yang ingin masuk ke perkumpulan tersebut sehingga visi misi bisa dijadikan sebagai pertimbangan.
Visi berisi
pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran itu
adalah gambaran dari masa depan dari organisasi yang ingin dicapai. Ini
sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan.
Misi adalah
penjabaran dari suatu visi. Apabila visi hanya ditulis dalam kalimat yang
singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang
lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman
utuh.
Cara Membuat Visi Misi
Dalam membuat
sebuah visi yang baik, Anda dapat menggunakan kaidah SMART Goals. Berikut
penjelasan singkatnya.
Specific – Pastikan visi Anda memiliki fokus area yang
jelas
Measurable – Buat target capaian Anda yang dapat diukur
Achievable – Pilihlah target yang mungkin untuk dicapai
Relevant – Pastikan visi relevan dengan kondisi dan
kebutuhan saat ini
Time bound – Buatlah target waktu yang jelas (kapan tercapainya
dst.)
Pada Misi dikemukakan lebih mengkerucut pada objek bisnis, fokus kerja, serta milestones dari
setiap aktivitas perusahaan.
Kriteria visi yang baik
visi yang baik
harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:
1 Succinct. Pernyataan visi harus singkat sehingga tidak lebih dari 3-4 kalimat.
2 Appealing. Visi harus jelas dan memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada
anggota organisasi.
3 Feasible. Visi yang baik harus bisa dicapai dengan sumber daya, energi, waktu.
Visi haruslah menyertakan tujuan dan objektif yang stretch bagi anggota organisasi.
4 Meaningful. Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif anggota organisasi
namun tidak boleh menggunakan kata-kata yang mewakili sebuah emosi.
5 Measurable. Pernyataan visi harus bisa diukur sehingga dimungkinkan untuk
melakukan pengukuran kinerja sehingga setiap anggota organisasi bisa mengetahui
apakah visi sudah bisa dicapai atau belum.
Kriteria misi yang baik
misi yang baik
haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti berikut:
1 Simple and Clear. Pernyataan misi harus dicukup diwakili oleh 2-3 pernyataan saja.
Semua pernyataan tersebut harus sederhana dan jelas dimengerti serta tidak
menggunakan jargon-jargon organisasi.
2 Broad and long-term in future. Pernyataan misi organisasi harus cukup luas mengakomodasikan
perkembangan organisasi di masa mendatang. Misi organisasi harus bisa
menunjukan gambaran yang akan dicapai di masa depan dengan jelas. Pernyataan
misi organisasi harus tetap valid pada 20 tahun mendatang sama seperti kondisi
sekarang.
3 Focus on the present. Pernyataan misi organisasi tidak boleh terlalu berorientasi pada
masa depan sehingga kurang bisa fokus pada kondisi organisasi di masa sekarang.
4 Easy to understand. Misi organisasi harus mudah dimengerti. Misi yang mudah dimengerti
akan memudahkan mengkomunikasikan misi tersebut kepada anggota organisasi
dan stakeholder.
Berikut beberapa
perbedaan dari visi dan misi
Visi
|
Misi
|
Visi adalah
gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu perusahaan, instansi,
pribadi atau organisasi di masa depan.
|
Misi adalah
Penjabaran atau langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai /
mewujudkan visi tersebut
|
Visi berupa
cita-cita jangka panjang dan berorientasi kedepan.
|
Misi berupa
cita-cita jangka pendek dan berorientasi masa kini.
|
Visi biasanya
bersifat permanen, ketika suatu organisasi, lembaga atau instansi membuat
Visi. Maka pantang bagi mereka untuk merubah visi tersebut. Hal ini juga
berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi.
|
Misi biasanya
diubah ketika misi-misi tersebut dianggap gagal mewujudkan suatu Visi
|
Visi biasanya
terdiri dari satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat dan mewakili
segalanya
|
Misi biasanya
terdiri dari beberapa kalimat penjabaran atau berbagai macam poin yang lebih
banyak dari visi
|
Berisi
pernyataan-pernyataan umum
|
Pernyataanya
bersifat khusus dan lebih detail
|
Perbedaan visi
dan misi yang dikutip dari salah satu situs website luar
Mission
|
Vision
|
|
Answers
|
Why?
|
What?
|
Definition
|
Statement
|
Snapshot
|
Length
|
Short
|
Long
|
Purpose
|
Informs
|
Inspires
|
Activity
|
Doing
|
Seeing
|
Source
|
Head
|
Heart
|
Order
|
First
|
Second
|
Effect
|
Clarifies
|
Challenges
|
Contoh-contoh Visi
dan Misi
Visi dan Misi Kemristekdikti
Visi
"Mewujudkan pendidikan tinggi yang memiliki
mutu dan kemampuan serta iptek dan inovasi untuk bisa mendukung daya saing dari
bangsa ini"
Misi
Mengupayakan
peningkatan akses, relevansi, serta mutu pendidikan tinggi untuk bisa
menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Berupaya
meningkatkan kemampuan iptek dan juga inovasi untuk menghasilkan nilai tambah
para produk inovasi.
Visi dan Misi Indosat Ooredoo
Visi
"Menjadi sebuah
perusahaan Telekomunikasi Digital yang terdepan di Indonesia"
Misi
Memberikan
layanan serta produk yang membebaskan
Mengupayakan
adanya jaringan data yang unggul
Memperlakukan
semua pelanggan sebagai sahabat dari Indosat
Mengupayakan
transformasi digital
Visi dan misi PT.Indofood
Visi
"Menjadi
perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu,
berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan"
Misi
Menjadi
perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri
makanan.
Visi dan misi Bukalapak
Visi
"Menjadi online
marketplace nomor 1 di Indonesia"
Misi
Memberdayakan
UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia
Visi dan Misi Alfamart
Visi
"To be
Indonesia’s largest and globally competitive widely owned ratail distribution
network that empowers small entrepreneurs and fulfills customer needs and
expectations"
Misi
To
satisfy customer needs and expectations by focusing on high quality products
and services.
To
implement ethical business practices, to be the best in all of our actions.
Ti
develop entrepreneurial spitits and skills in the Company dan the society.
To
develop a reliable, healthy, and growing organization which benefits all
stakeholders.
Visi Misi Perusahaan Perikanan
Visi
"Menjadi
salah satu pelopor pemanfaatan perikanan hasil laut Indonesia"
"Menjaga
kualitas bahan baku tanpa pengawet dengan meningkatkan kinerja manusia dalam
proses pengolahan"
Misi
Meningkatkan
kepercayaan konsumen akan produk
Menguatkan
sistem pemasaran dengan nilai-nilai kejujuran dan ekonomis
Visi Misi Perusahaan Eksportir
Pupuk
Visi
"Menjadi role model pertanian
terpadu berorientasi ekspor nomor satu di Jawa Barat pada tahun 2025"
"Memenuhi 5% kebutuhan pupuk
organik untuk sektor perkebunan di seluruh Asia Tenggara"
Misi
Meningkatkan produktivitas lahan
pertanian menggunakan sistem pertanian terintegrasi
Melakukan riset dan inovasi
berkelanjutan untuk menghasilkan pupuk organik yang sesuai dengan daerah tropis
Melakukan scale-up sistem
produksi pupuk organik secara bertahap hingga memenuhi kuota ekspor
Visi dan Misi SMA Negeri 1 Bireuen, Aceh
VISI
"Unggul dalam
berprestasi dan berkarakter Islami"
MISI
Mengembangkan
perilaku religius melalui kegiatan bimbingan keagamaan..
Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui
kegiatan peningkatan mutu pembelajaran.
Mempersiapkan siswa untuk mampu bersaing dalam mengikuti
berbagai lomba tingkat daerah, Nasional melalui bimbingan khusus .
Mewujudkan sekolah yang aman, nyaman, bersih, rapi, sejuk,
indah dan hijau melalui kegiatan bakti kampus (Bakam).
Visi Misi OSIS SMAN 9 Kota Surabaya
Visi
"Menjadikan OSIS
SMAN 9 Kota Surabaya sebagai organisasi yang disiplin, religius, cerdas dan
berintegras tinggi sehingga mampu untuk merealisasikan visi dan misi sekolah"
Misi
Mengembangkan
lebih banyak kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler untuk mengasah kekreatifitasan
siswa-siswi SMAN 9 Kota Surabaya.
Meningkatkan
keimanan dan ketakwaan siswa-siswi SMAN 9 Kota Surabaya.
Visi dan Misi OSIS SMA Negeri 1 Bireuen
VISI
"Menjadikan osis
SMA Negeri 1 Bireuen menjadi satu organisasi yang bermutu dan berkualitas
tinggi, sekaligus mengharumkan nama baik SMA Negeri 1 Bireuen didalam atau
diluar sekolah"
MISI
Tegas, sigap dan
tanggap dalam menyelesaikan persoalan yang ada di sekolah.
Tegas, tangguh, tanggap, tegar, teguh, terampil, terdidik,
terpimpin dan mau memimpin dan dapat dijadikan sebagai prinsip
Mengeratkan tali persaudaraan, kekeluargaan, selalu menjaga
keharmonisan, kesopanan, kesederhanaan dan kewibawaan.
Pustaka
https://moondoggiesmusic.com/contoh-perbedaan-visi-dan-misi/
https://salamadian.com/pengertian-contoh-perbedaan-visi-dan-misi/
https://blog.asrifahmi.com/2016/12/contoh-visi-dan-misi-dan-cara-membuat-visi-misi.html
https://karinov.co.id/contoh-visi-dan-misi-perusahaan/
https://muhammadghazali.wordpress.com/2012/02/25/menentukan-visi-dan-misi-yang-baik/
Comments
Post a Comment