Analisis usaha jual pulsa


Keuntungan Usaha Pulsa

        Keuntungan usaha jual pulsa elektrik sangat banyak. Tak mungkin penulis uraikan satu persatu. Secara garis besar, keuntungan bisnis pulsa adalah:

1. Modal kecil
        Untuk memulai usaha terkadang terbentur pada permasalahan modal. Sebab modal usaha yang dibutuhkan lumayan besar. Namun bisnis jualan pulsa sangat berbeda. Bisnis ini bisa diawali dengan modal kecil sebesar Rp 50 ribu untuk deposit saldo dan satu buah handphone Sehingga jenis bisnis jual pulsa termasuk usaha modal kecil yang cukup menjanjikan. Yang dapat ditekuni oleh karyawan, ibu rumahtangga, pelajar, mahasiswa dan lain sebagainya sebagai bisnis sampingan dan utama

2. Tak memerlukan tempat yang luas dan khusus
        Dengan ruangan kecil bahkan tanpa ruangan pun, bisnis jual pulsa elektrik bisa dijalankan dengan baik. Jika anda telah mempunyai sebuah usaha warung atau toko maka Anda bisa melengkapinya dengan membuka usaha jual pulsa sebagai kombinasi. Cukup pasang kertas bertuliskan Jual Pulsa Termurah. Sehingga bisnis berjualan pulsa dapat dilakukan secara mobile, keliling tanpa membutuhkan ruangan.

3. Tak mudah basi
        Usaha jualan pulsa elektrik termasuk usaha menguntungkan dan tak pernah rugi. Sebab produk yang dijual berupa pulsa tak akan pernah basi. Ia akan ada terus dalam bentuk saldo pulsa.

4. Pasar Sangat Luas
        Silahkan anda cek sendiri berapa orang yang tidak memiliki handphone? Semua orang di abad modern sekarang sudah mempunyai satu unit ponsel bahkan lebih dari satu. Dari kalangan anak-anak sekolah dasar, SMP, SMA, mahasiswa hingga orang dewasa dan lanjut usia mempunyai satu unit smartphone untuk sarana komunikasi saat ini. 


        Hal ini wajar karena harga handphone pintar sudah sangat murah dan terjangkau terutama keluaran provider China. Sehingga setiap orang dapat memilikinya. Untuk memfungsikan handphone sebagai sarana komunikasi diperlukan pulsa. Beragam jumlah pulsa yang bisa diisi oleh pengguna hp dimulai dari Rp 5000 sampai Rp 100 ribu. Dalam satu bulan seseorang bisa membeli pulsa hingga beberapa kali. Tentu pangsa pasar bisnis jual pulsa inilah yang membuatnya sangat luas sebagai salah satu jenis usaha menjanjikan.

5. Sarana promosi sangat mudah dilakukan. 

        Misalnya menggunakan cara sms, spanduk, BBM, instagram, mulut ke mulut, media sosial, dll

Kisah Pengusaha Sukses Berjualan Pulsa

        Salah seorang teman kami menekuni bisnis pulsa elektrik. Di sela-sela kuliah, ia menjalankan usaha jual pulsa di rumah dan di internet. Empat tahun kemudian, setelah kami lulus dari universitas jalan hidup masing-masing berbeda. Ada yang menekuni usaha jual sandal, bisnis jual beli sepeda motor, dan ada yang mencari pekerjaan di perusahaan bonafide, dan ada yang membuka usaha di rumah.

        Adapun yang membuka usaha jualan pulsa sendiri secara rumahan sejak kuliah. Sehingga ketika ia lulus tidak mencari pekerjaan empuk di sebuah perusahaan terkenal. Tapi ia terus mengembangkan bisnis jualan pulsa elektrik hingga mempunyai beberapa orang karyawan. Keuntungan dari bisnis jualan pulsa mampu membeli sepeda motor baru, mobil mewah dan rumah.

        Hal ini menunjukkan betapa besarnya keuntungan dari usaha pulsa elektrik perharinya. Apalagi mempunyai downline atau pelanggan yang sangat banyak. Walaupun keuntungan kecil tapi transaksi penjualan sangat banyak membuat keuntungan bisnis pulsa elektrik sangat besar. Salah seorang pelaku usaha pulsa elektrik mampu meraup untung bersih hingga Rp 800 juta per bulan.



Berikut ini trik menjalankan usaha counter hp dan pulsa agar laris manis :

  1. Pilihlah Distributor yang Kualitasnya Prima
       Sebelum Anda memulai usaha di bidang perdagangan counter hp dan pulsa, ada hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu yaitu meriset dealer pulsa yang memiliki kualitas oke dan prima. Hindari pembelian pulsa pada dealer yang track record seperti pulsa terlambat masuk, sering mengalami gangguan dan sistem pelayanan yang kurang baik. Hal ini karena peran dealer akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kelangsungan usaha Anda.
  1. Menetapkan Harga yang Sesuai dengan Kualitas Usaha Anda
        Jika sudah memilih dealer yang memiliki kualitas oke dan prima untuk usaha counter hp dan pulsa Anda, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas usaha counter hp dan pulsa Anda. 
        Penetapan harga biasanya ditentukan oleh harga beli dari dealer yang Anda pilih tersebut. Selain itu penetapan harga juga dilihat dari harga pasaran yang berlaku. Di sini Anda boleh saja memasang harga dibawah pasaran, namun harga tersebut jangan sampai membuat usaha Anda menjadi rugi karena salah perhitungan.
        Memang bersaing dengan harga yang murah itu akan menarik perhatian konsumen, namun jika Anda hanya memasang harga yang murah saja tanpa diimbangi pelayanan yang baik maka hasilnya pun akan menjadi percuma dan akan membuat pelanggan Anda menjadi tidak percaya lagi terhadap usaha counter hp dan pulsa Anda. 
        Jadi bersikap realistislah saat menetapkan harga yang akan Anda berikan kepada konsumen. Caranya yaitu dengan menghitung semua modal mulai dari harga pokok, ongkos pergi ke dealer sampai maintenance yang Anda keluarkan. Dengan demikian, usaha counter hp dan pulsa Anda pun akan lancar dan terhindar dari sebuah kerugian
  1. Gunakanlah Media Sosial Agar Semakin Banyak yang Mengetahui Usaha Counter Hp dan Pulsa Anda
        Sebenarnya, bagi Anda yang baru ingin memulai usaha counter pulsa tidak harus memiliki modal yang besar. Untuk langkah awal Anda bisa menyediakan modal sebesar Rp 50.000-100.000 untuk mendeposit pulsa. Hal ini biasanya dilakoni oleh para siswa SD, SMP, SMA sampai Mahasiswa. Jika Anda belum mempunyai modal besar untuk membuka counter di kios-kios, maka Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti BBM, line, facebook, twitter dan media sosial lainnya sebagai perantara usaha Anda. 
        Disini, Anda bisa mempromosikan produk-produk yang Anda jual di media sosial tersebut agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa Anda menjual pulsa dan hp. Untuk lebih mempermudah penjualan Anda, maka tinggalkanlah nomor handphone, BBM, whatsapp, line dan sebagainya sehingga pelanggan yang mau membeli produk Anda bisa menghubungi dengan mudah.
  1. Bukalah Jasa Counter Hp dan Pulsa Saat Malam Hari
        Biasanya orang akan cenderung memerlukan pulsa mendadak pada malam hari, maka tentu ini adalah sebuah peluang untuk usaha Anda khususnya yaitu pulsa. Jika ini memungkinkan bagi Anda, bukalah jasa counter hp dan pulsa pada waktu malam hari. Anda bisa menyewa tenaga kerja seseorang yang bisa berjaga sepanjang malam. 
        Namun di sini Anda juga harus mencari seseorang terlebih dahulu yakni seseorang yang bisa dipercaya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kaum mahasiswa biasanya paling cenderung membutuhkan pulsa pada malam hari yang biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas, menelpon keluarga di luar kota dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini agar usaha counter pulsa Anda laris manis.
  1. Jangan Membiarkan Konsumen Menghutang
        Sebenarnya Anda boleh saja memberikan hutang kepada konsumen. Namun disarankan Anda hanya memberikan hutang kepada orang-orang yang bisa di percaya saja dalam hal membayar. Hal ini dikarenakan, banyak pengusaha counter pulsa dan hp yang gulung tikar akibat dari banyaknya konsumen yang menghutang tersebut. 
        Maka dari itu, sebagai pemilik usaha counter hp dan pulsa Anda harus tegas dalam memberikan batas kepada konsumen Anda.

Tips Usaha Jual Pulsa


        Apabila anda semua hendak memulai usaha ini, ada beberapa syarat yang sebaiknya anda sediakan dahulu :

Handphone

        Handphone yang akan digunakan untuk usaha jual pulsa bisa dengan handphone yang jadul atau yang terbaru. Apabila handphone yang jadul nanti hanya dapat untuk melakukan transaksi via sms saja. 
        Namun apabila anda menggunakan handphone terbaru, anda dapat memakai transaksi dengan lewat aplikasi tanpa harus ada biaya sms yang dapat menghemat pulsa anda. Sebab, anda hanya cukup dengan menyediakan koneksi internet saja.

Modal

        Modal untuk usaha pulsa kuota juga tidak besar, sebab anda bisa menyediakan modal minimal 100 ribu, anda dapat jualan pulsa kuota internet. 
        Apabila anda banyak mempunyai konsumen tetap, maka anda dapat menambah modal untuk menjalankan usaha ini. Selain itu, anda juga dapat melayani pembelian pulsa kuota pada konsumen sewaktu – waktu sebab tidak kehabisan saldo.

Tempat Jualan

        Tempat jualan pulsa memang tidak harus besar. Tempat yang kecilpun bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat jualan pulsa kuota internet ini.
        Setelah anda sudah menyiapkan syarat untuk melakukan usaha jualan pulsa, maka langkah selanjutnya adalah :

Mendaftar Agen

        Untuk mendaftar agen, anda bisa memilih salah satu dari banyaknya suplayer pulsa dan juga kuota internet yang telah anda pertimbangkan. 
        Pertimbangan ini seperti halnya kepercayaan, produk yang lengkap, harga dan juga kecepatan transaksi. Kemudian, untuk pendaftaran agen anda dapat menurut panduan pendaftaran yang sudah diberikan oleh suplyer.

Isi Saldo

        Apabila anda telah sukses melakukan pendaftaran, langkah yang selanjutnya yang sebaiknya anda lakukan yaitu dengan melakukan isi saldo keanggotaan anda. 
        Yaitu dengan cara transfer bank, baik itu via internet banking, sms banking, via ATM atau dengan menggunakan cara lainnya yang sudah disediakan oleh suplayer yang telah anda percaya. Isi saldo ini besarannya minimal 100 ribu hingga tidak ada batasnnya.

Jualan Langsung

       Sesudah mengisi saldo, anda sudah bisa langsung jualan pulsa dan juga kuota internet. Anda bisa mencoba menjualnya secara langsung kepada teman -teman dekat anda yang mungkin sedang memerlukan pulsa kuota internet. 
        Selanjutnya anda dapat desain tempat yang anda sediakan tadi. Anda bisa melakukan berbagai macam cara untuk melakukan promosi.

Analisa Swot Usaha Jual Pulsa


      Sesudah anda mengetahui analisis usaha jual pulsa, saat ini anda harus mengetahui analisa swot untuk usaha jual pulsa.

Kekuatan (Strength)

  • Untuk membuka jenis bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, sebab tidak memerlukan peralatan dan mesin yang begitu mahal.
  • Pengelolahan data transaksi juga dilakukan komputer dengan otomatis, dengan demikian bisa mendapat kecepatan transaksi yang cepat.
  • Operator hanya bertugas untuk menjadi pengawas.
  • Harga yang terjangkau juga bisa dijangkau oleh masyarakat luas.
  • Tidak ada kadarluwasa.

Kelemahan (Weakness)

  • Membutuhkan strategi yang baik untuk mempromosikan.
  • Pengelolaan masih sifatnya tradisonal dan sederhana.
  • Sarana dan prasarana yang dipakai masih relatif sederhana.
  • Kualitas Operator sering mengalami gangguan jaringan, yang bisa memperlambat proses transaksi.
  • Jangkauan konsumen pulsa yang terbatas, sebab modal yang relatif rendah.

Kesempatan (Opportunity)

  • Banyak counter pulsa yang tidak buka 24 jam..
  • Pemilik usaha tidak memberikan bonus pada costumer.
  • Memberikan transaksi lain seperti pembayaran tagihan telpon. Listtrik, PAM, Speedy DLL.
  • Harga yang diberikan relatif murah dari pada counter lain.
  • Membuka cabang dengan bantuan server

Ancaman (Threaths)

  • Hadirnya pesaing-pesaing baru yang bisa memberikan pelayanan yang baik dan harga termurah.
  • Menurunnya daya beli masyarakat karena adanya krisis.
  • Harus membuka pembayaran tagihan lain seperti telpon, Listrik, PAM, Speedy , dll agar memberi daya tarik tersendiri.


Target

        Yang menjadi target dari usaha jual pulsa ini yaitu seluruh orang yang memiliki handphone, baik itu anak sekolah, mahasiswa, perkerja, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.

contoh 1 analisis usaha pulsa

Investasi Awal
Desain Toko/Konter Rp.2.000.000

Etalase                          Rp.1.000.000
Kursi 5                          Rp.    250.000
Papan Nama               Rp.    500.000
HP                                  Rp.1.000.000

Total                              Rp.4.750.000
Analisa keuntungan Per bulan
Jika per hari rata-rata juamlah transaksi

Pulsa Hp         50 keuntungan/transaksi 1000 => 50 x 1000 x 30 =  1.500.000
Pulsa kuota   25 keuntungan/transaksi 5000 => 25 x 5000 x 30 =     750.000
Pulsa Listrik 50 keuntungan/transaksi 2000 => 50 x 2000 x 30 = 3.000.000

Keuntungan Kotor = 5.250.000 dikurangi listrik 100.000

Keuntungan Bersih = 5.150.000


        Kita sudah BEP dibulan pertama, dan perlu kita ketahui bahwa bisnis pulsa ini tidak hanya menjual produk pulsa hp all operator saja, tetapi ada paket lain dalam bisnis pulsa ini, yaitu pulsa kuota, pulsa listrik, vocher game online dan PPOB. 
        Perhitungan diatas belum terhitung juga vocher game dan PPOBnya, Jika kedua produk terhitung, keuntungannya akan lebih dari analisa yang telah kami sampaikan diatas.
        Ada lagi keuntungan yang bisa kita dapatka dari bisnis pulsa ini yang tidak masuk dalam analisa diatas, yaitu jika kita menyediakan kartu perdana, kuota kartu perdana, menjual perlengkapan atau aksesoris Hp, dan lain – lainnya. 
        Dengan menyediakan produk diatas maka keuntungan tambahan yang akan kita dapatkan semakin besar.

contoh 2 analisis usaha pulsa

Persiapan yang harus anda lakukan adalah :
  1. Modal yang diperlukan untuk membeli pulsa dan kartu perdana
  2. Survey tempat penyedia pulsa multi yang murah dan berkualitas.
  3. Cari posisi strategis untuk disewa dan dijadikan counter
Pelaksanaanya :

Membeli voucher pulsa dari penyedia pulsa elektrik dan vocher fisik.

  1. Membeli dan memilih kartu perdana yang dibutuhkan.
  2. Harus pandai memperkirakan stok pulsa dapat bertahan minimal untuk 2 hari
  3. Membeli HP yang murah saja untuk alat transaksi pulsa anda.
  4. Membeli Aksessoris HP (Batterai, Heandset, Carger, dan lain-lain)
  5. Membuat papan nama, tidak perlu besar, yang penting konsumen tahu kalau tempat anda menjual pulsa.
  6. Jual pulsa jangan terlalu mahal, cukup mengambil untung 700 sampai 1000 saja per transaksi. sehingga akan banyak pelanggan anda. karena iklan paling jitu adalah iklan dari mulut kemulut.
Tantangan dan rintangan :
  1. Banyaknya saingan
  2. Vocher fisik dan kartu perdana habis masa berlakunya
Contoh Perhitungan Usaha:
  • Peralatan
  • Meja Etalase                            1.000.000
  • Telpon Selluler (second)               300.000
  • Rak untuk aksessoris                    500.000
  • Kursi Plastik                                 200.000
  • Total                                         2.000.000
Perlengkapan :
  • Deposit Pulsa Elektrik                  2.500.000
  • Biaya tak terduga                            500.000
  • Total                                            3.000.000
Perhitungan Laba / Rugi perBulan
  • Laba dari Pulsa           90.000 x 30 = 2.700.000
  • Laba dari Aksesoris    60.000 x 30 = 1.800.000
  • Total                                                 4.500.000
Pengeluaran 
  • Sewa bangunan                              500.000
  • Biaya penyusutan                              50.000
  • 25% untuk tambahan modal         1.125.000
  • Total                                           1.675.000
Laba bersih 4.500.000  – 1.675.000 = 2.825.000

contoh 3 analisis usaha pulsa

1. Modal Investasi Awal
a. Desain toko / counter Rp. 3.000.000,00
b. Etalase Rp. 1.000.000,00
c. Perlengkapan Toko Rp. 400.000,00
d. Hand phone 3 buah Rp. 2.000.000,00
e. Papan Nama Rp. 500.000,00
f. Seragam Karyawan 2 Orang Rp. 300.000,00

TOTAl Rp. 7.200.000,00
2. Biaya Oprasional
a. Sewa Tempat Rp. 600.000,00
b. Gaji Karyawan 2 Orang Rp. 3.000.000,00
c. Biaya Listrik Dan Air Rp. 200.000,00
d. Deposit Rp. 4.000.000,00
TOTAL Rp. 7.800.000,00

3. Asumsi Pendapatan per Bulan
a. Pendapatan = Asumsi 50 transaksi / hari @ Rp. 10.000,00
= 50 transaksi x 30 Hari x Rp. 10.000,00
= Rp. 15.000.000,00
b. Keuntungan = Pendapatan – Biaya Operasional Bulanan
= Rp. 15.000.000,00 – Rp. 7.800.000,00
= Rp. 7.200.000,00


contoh 4 analisis usaha pulsa
Investasi Awal
  • Desain Toko/Konter Rp.2.000.000
  • Etalase Rp.1.000.000
  • Kursi 5 Rp. 250.000
  • Papan Nama Rp. 500.000
  • HP Rp.1.000.000
  • Dan untuk totalnya yaitu Rp.4.750.000

Analisa Keuntungan Per bulan
  • Pulsa Hp 50 keuntungan di setiap transaksi 1000 => 50 x 1000 x 30 = 1.500.000
  • Pulsa kuota 25 keuntungan per transaksi 5000 => 25 x 5000 x 30 = 750.000
  • Pulsa Listrik 50 keuntungan per transaksi 2000 => 50 x 2000 x 30 = 3.000.000
  • Keuntungan Kotor = 5.250.000 dikurangi listrik 100.000
  • Keuntungan Bersih = 5.150.000


Pustaka
https://www.idwebpulsa.com/analisa-keuntungan-bisnis-pulsa/
https://portalusaha.com/peluangusaha/trik-dan-perhitungan-usaha-konter-pulsa-hp.html
https://www.investasiuntung.com/2017/01/rincian-modal-usaha-pulsa-elektrik.html
https://jmapos.wordpress.com/2018/11/03/analisa-bisnis-2019-jualan-pulsa-modal-kecil/

https://www.tonbr.com/analisis-usaha-jual-pulsa/

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad