Hubungan Biaya Produksi Dengan Pendapatan


        Kegiatan industri kecil sudah banyak dilakukan di setiap masyarakat karena selain modal yang tidak terlalu besar, industri kecil bisa dilakukan di tempat tinggal sendiri dan metode kegiatan produksi tidak terlalu rumit, serta waktu yang yang ditentukan tergantung kebutuhan pengusahanya sendiri.

        Untuk itu dengan adanya kegiatan produksi tersebut secara logis akan mempengaruhi pendapatan bagi masyarakat setempat khususnya bagi pengusaha itu sendiri.

         Produksi adalah sebuah proses yang sangat penting bagi kelangsungan hidup juga peradaban manusia dibumi. Produksi lahir dan tumbuh dari menyatunya manusia dengan alam, Abudurahman Ibnu Khaldun, Ulama terkemuka kelahiran Tunisia (1332) menegaskan bahwa kekayaan suatu negara ditentukan oleh banyaknya uang di negara tersebut. Kekayaan suatu negara ditentukan oleh dua hal:
1. Tingkat Produksi domestik;
2. Neraca pembayaran yang positif dari negara tersebut

         Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan ekonomi yang pertama kali dilakukan adalah produksi. Karena kegiatan produksi mampu menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan manusia. Produksi menempati bagian besar dari ruang jiwa manusia, hal itu karena eratnya hubungan antara produksi dengan perkembangan pendapatan dan peningkatan taraf hidup, yang mempengaruhi kemuliaan hidup yang kehidupan yang sejahtera bagi individu dan masyarakat.

        Pendapatan adalah jumlah penghasilan yang diterima oleh penduduk atas prestasi kerjanya selama satu periode tertentu baik harian, mingguan, bulanan atau tahunan. Pendapatan dapat diklasifikasikan antara lain:
1.   Pendapatan Pribadi, adalah semua jenis pendapatan yang diperoleh tanpa memberikan suatu kegiatan apapun yang diterima penduduk suatu negara.
2.   Pendapatan disposebel, adalah pendapatan yang sebenarnya diterima oleh semua rumah tangga dalam suatu negara dan dapat mereka gunakan untuk membeli keperluan mereka.
3.    Pendapatan nasional adalah nilai seluruh barang-barang jadi dan jasa-jasa yang diprediksikan oleh suatu negara dalam satu tahun.

          Kegiatan industri kecil rumah tangga sudah banyak dilakukan disetiap masyarakat karena selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Industri rumah tangga bisa dilakukan ditempat tinggal sendiri dan metode kegiatan produksi tidak terlalu rumit, serta waktu yang ditentukan tergantung kebutuhan pengusahanya sendiri.

        Produksi mempunyai hubungan erat dengan perkembagan pendapatan, peningkatan taraf hidup, yang mempengaruhi kemulian, dan kehidupan sejahtera bagi individu dan masyarakat. Biaya produksi akan menentukan jumlah input bahan baku produksi dan akan berpengaruh pada output yang dihasilkan dalam produksi tersebut, semakin banyak output yang dihasilkan, maka barang yang dijual pun akan lebih banyak, sehingg pendapatan produsen meningkat.


 Baca Juga: Pendapatan

Sumber:
http://repository.uinbanten.ac.id/1380/4/BAB%20II.pdf

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad