Jenis Analisis Ekonomi - Ekonomi Deskriptif, Ekonomi Teori, Ekonomi Terapan, dan Alat Analisis Ekonomi


Ekonomi Deskriptif(Descriptive Economics)

        Ekonomi deskriptif merupakan analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan sebenarnya (sesuai fakta) dalam perekonomian.Ilmu ekonomi dapat digunakan untuk menganalisis kenyataan yang muncul di dalam kehidupan manusia.Namun hal itu tidak mudah dilakukan karena kenyataan yang ada dalam masyarakat sangat berkaitan satu sama lain sehingga sering sekali timbul kesukaran untuk menggambarkan kenyataan yang sebenarnya berlaku dalam perekonomian.Misalnya, mengenai terjadinya krisis ekonomi di Indonesia karena menurunnya nilai kurs rupiah terhadap US dolar, krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 di Indonesia,dan sebagainya.

Ekonomi Teori (Economics Analysis)

      Teori ekonomi adalah pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang sebenarnya dalam kegiatan ekonomi dan ramalan peristiwa yang akan terjadi apabila suatu keadan yang mempengaruhinya mengalami perubahan. Selain itu, teori ekonomi juga memberikan gambaran tentang sifat-sifat utama dari sistem ekonomi dan bagaimana sistem ekonomi berfungsi.

     Dalam teori ekonomi yang diterangkan adalah gambaran umum dan yang disederhanakan mengenai kegiatan ekonomi dan sifat-sifat hubungan ekonomi.Yang menyederhanakan kondisi itu disebut asumsi. Misalnya, permintaan suatu barang akan naik bila harga barang tersebut turun, sebaliknya permintaan akan turun bila harga naik, dengan asumsi penawaran dan pendapatan masyarakat tetap (dan semua faktor yang berpengaruh terhadap permintaan).

Ekonomi Terapan (Applied Economics)

      Teori ekonomi terapan  sebenarnya adalah cabang dari ilmu ekonomi mikro dan makro. Bidang ini lazim disebut juga sebagai teori kebijakan ekonomi.Ekonomi terapan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam perekonomian.Sebagai contoh, ekonomi moneter membahas dan memberikan masukan kepada pelaku ekonomi tentang bagaimana caranya mengelola uang dan mengatasi inflasi dengan menggunakan teori ekonomi bakuu, yaitu teori ekonomi makro.

      Salah satu peranan teori kebijakan ekonomi adalah berfungsi sebagai landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi. Bagaimana bentuk-bentuk kebijakan yang harus dilaksanakan untuk mengatasi masalah ekonomi yang dihadapi, dianalisis di dalam teori kebijakan ekonomi.Dalam merumuskan kebijakan ekonomi, yang pertama-tama harus diperhatikan adalah tujuan-tujuan dari kebijakan ekonomi. Dalam perekonomian tujuan-tujuan yang ingin dicapai adalah:
1)      Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat.
2)      Menciptakan kestabilan harga-harga.
3)      Mengatasi masalah pengangguran.
4)      Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.

Alat Analisis Ekonomi

      Menurut Sukirno (2006:14), alat analisis yang utama dalam teori ekonomi adalah kurva dan grafik.Dalam teori yang lebih mendalam, matematika dan persamaan matematika juga memiliki peranan yang sangat penting.Selain itu, statistik adalah alat analisis yang digunakan untuk mengumpulkan fakta dan menguji kebenaran teori ekonomi.

a.     Kurva atau Grafik
      Kurva dan grafik memiliki fungsi untuk memberikan penerangan yang lebih jelas mengenai teori-teori ekonomi. Sifat-sifat penting kurva adalah sebagai berikut:
1)      Mempunyai dua sumbu, yaitu horizontal dan vertical
2)      Pertemuan di antara kedua sumbu tersebut dinamakan “origin” atau “titik asal” dan nilainya adalah 0
3)      Tiap sumbu menjelaskan nilai suatu variable
4)      Semakin ke atas atau ke kanan menggambarkan bahwa variabel semakin besar

b.     Statistik
      Statistik memegang peranan sangat penting dalam mengumpulkan data mengenai berbagai aspek kegiatan perekonomian.Dengan adanya metode statistic memungkinkan dilakukannya pengumpulan data kegiatan ekonomi yang penting seperti tingkat produksi nasional, perkembangan jumlah penduduk, dan sebagainya.Ilmu statistik memiliki dua peranan penting dalam ilmu ekonomi sebagai berikut:
1)      Menyediakan berbagai jenis angka indeks untuk menunjukkan kecenderungan perkembangan variabel-variabel ekonomi tertentu dari waktu ke waktu
2)      Menguji atau menyelidiki kebenaran pandangan dalam teori-teori ekonomi.

c.    Contoh Analisis ekonomi
      Contoh kegiatan dalam analisis ekonomi adalah menentukan gaji karyawan. Dimana dalam prosesnya membutuhkan pengumpulan data yang terkait dengan penentuan gaji yang nantinya dapat dijadikan suatu kebijakan bagi perusahaan dalam menentukan gaji karyawan.



Sumber:
https://caridokumen.com/download/-pengantar-teori-ekonomi-_5a46440bb7d7bc7b7afd44da_pdf

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad