Motivasi - Pengertian dan Tujuannya


Pengertian Motivasi

          Motivasi berawal dari kata ‘motif’, motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif. Motif menjadi aktif pada saat-saat tertentu, terutama apabila kebutuhan untuk mencapai tujuan sangat dirasakan/ mendesak (Sardiman,2016, hlm.73) sedangkan Mc. Donald dalam Sardiman (2016, hlm 73), menjelaskan bahwa motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dari pengertian yang dikemukakan Mc. Donald dalam Sardiman, (2016, hlm. 73) memaparkan bahwa motivasi mengandung tiga elemen penting yaitu :

1)      Bahwa motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia. Perkembangan motivasi akan membawa beberapa perubahan energi didalam sistem neurophysiological yang ada pada organisme manusia. Karena menyangkut perubahan energi manusia (walaupun motivasi itu dari dalam diri manusia), penampakannya akan menyangkut fisik manusia.

2)      Motivasi ditandai dengan munculnya, rasa atau feeling, afeksi seseorang. Dalam hal ini motivasi relevan dengan persoalan-persoalan kejiwaan, afeksi dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia.

3)      Motivasi akan dirangsang karena adanya tujuan. Jadi motivasi dalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi yakni tujuan. Motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculannya karena terangsang/ terdorong oleh adanya unsur lain, dalam hal ini adalah tujuan, tujuan ini akan menyangkut soal kebutuhan.

          Sardiman (2016, hlm.75) mengemukakan bahwa motivasi dapat juga dikatakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka ia akan berusaha meniadakan atau mengelakan perasaan suka itu. Menurut Santrock (2008, hlm. 510) menjelaskan bahwa motivasi adalah proses memberi semangat, arah dan kegigihan perilaku artinnya, perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama, sedangkan menurut Robbins, Judge (2009, hlm. 222) menjelaskan “Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas arah dan ketekunan usaha untuk mencapai suatu tujuan.”

          Berdasarkan pendapat-pendapat diatas secara umum motivasi dapat dirangsang oleh faktor dari luar tetapi motivasi itu adalah timbul di dalam diri seseorang untuk selalu berusaha, semangat, dan tekun untuk mencapai tujuan.

Tujuan Motivasi

          Tujuan motivasi adalah untuk menggerakan atau menggugah seseorang agar timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu. (Purwanto. 2009, hlm.73).


Baca Juga: Jenis-jenis Motivasi
                   Motivasi sebagai Kebutuhan

Sumber:
http://repository.unpas.ac.id/30347/4/13.%20BAB%20II.pdf

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad