Cara budidaya kacang hijau secara konvensional, organik dan hidroponik

Syarat Tumbuh
a. Tanah
  1. Tekstur : Liat berlempung banyak mengandung bahan organik, aerasi dan drainase yang baik.
  2. Struktur tanah gembur
  3. Ph 5,8  7,0 optimal 6,7
b. Iklim
  1. Curah hujan optimal 50 - 200 mm/bln
  2. Temperatur 25o - 27o C dengan kelembaban udara 50 - 80% dan cukup mendapat sinar matahari.

Cara budidaya kacang hijau secara konvensional

Teknologi Budidaya
a. Benih
Varietas
Hasil
(1/ha)
Umur (hari)Posisi polongBerat 100 biji (g) Sifat Khusus
Murai 1,5 63 TerkulaiTahan penyakit bercak daun 
Perkutut1,6460Terkulai5Tahan penyakit embun tepung : Agak tahan penyakit bercak daun
Kenari1,6460-65Terkulai6,7Agak tahan penyakit bercak daun : Toleran penyakit karat
Sriri1,5860-65Terkulai6Toleran penyakit embun tepung
b. Pengelolaan Tanah
  1. Pada lahan sawah bekas tanaman padi tidak dilakukan pengolahan tanah ( TOT ). Penyiapan lahan yang baik dilakukan sebelum tanam.
  2. Pada tanah bertekstur ringan tidak perlu dilakukan pengolahan tanah.
  3. Pada lahan kering (tegalan) pengolahan tanah dilakukan intensif dibersihkan dari rumput, dicangkul hingga gembur (untuk tanah tegalan yang berat pembajakan dilakukan sedalam 15-20 cm), dibuat petakan 3-4 m.
  4. Tanah tegalan bekas tanaman jagung, kedelai atau padi gogo perlu pengolahan tanah minimal.
  5. Pemberian mulsa jerami sekitar 5 ton/ha agar dapat menekan pertumbuhan gulma, mencegah penguapan air dan perbaikan struktur tanah.
c. Penanaman
  1. Waktu Tanam
Pada lahan sawah tanaman kacang hijau ditanam pada musim kemarau setelah padi. Sedangkan dilahan tegalan dilakukan pada awal musim hujan.
  1. Cara Tanam
Benih ditanam dengan cara tugal, dengan jarak 40 cm x 10 cm atau 40 cm x 15 cm, tiap lubang diisi 2 biji.
d. Pemupukan
  1. Pada lahan sawah bekas tanaman padi tidak perlu dilakukan pemupukan.
  2. Pada lahan kering diperlukan pemupukan dengan NPK.
  3. Pada tanah yang kurang subur dilakukan pemupukan 45 kg Urea + 45 - 90 kg TSP + 50 kg KCL/ha.
  4. Penambahan pupuk organik seperti pupuk kompos, pupuk kandang dapat meningkat kapasitas menahan air didalam tanah.
e. Pengairan
  1. Tanaman kacang hijau relatif tahan kering, namun tetap memerlukan pengairan terutama pada periode kritis pada waktu perkecambahan, menjelang berbungan dan pembentukan polong.
f. Penyiangan
  1. Penyiangan dilakukan seawal mungkin karena kacang hijau tidak tahan bersaing dengan gulma. Penyiangan dilakukan 2 kali pada umur 2 dan 4 minggu.
g. Pengendalian hama dan penyakit
1. Hama
  1. Hama yang sering menyerang adalah agromyza phaseolli (lalat kacang) meruca testualitisspidoptera spPlusia chalsites (ulat) dan kutu trips.
  2. Pengendalian hama dilakukan dengan menggunakan varietas unggul yang tahan hama penyakit.
  3. Penggunaan pestisida dilakukan apabila serangan hama tidak dapat dikendalikan dengan cara biologi.
2. Penyakit
  1. Penyakit kacang hijau yang sering ditemui antara lain Scierotium rolfsiiCercospora Canescens (bercak daun).
  2. Pengendalian dilakukan dengan menanam varietas yang tahan penyakit atau dengan menggunakan fungisida.
Panen dan Pasca panen
a. Panen
Kacang hijau dipanen sesuai dengan umur varietas, Tanda-tanda lain bahwa kacang hijau telah siap untuk di panen adalah berubahnya warna polong dari hijau menjadi hitam atau coklat dan kering. Keterlambatan panen dapat mengakibatkan polong pecah saat dilapangan. Panen dilakukan dengan cara dipetik. Panen dapat dilakukan satu, dua atau tiga kali tergantung varietas. Jarak antara panen kesatu dan ke dua 3-5 hari.

b. Pasca Panen
Pengeringan polong dilakukan selama 2-3 hari dibawah sinar matahari. Pembijian dilakukan secara manual yaitu dipukul-pukul dengan tongkat kayu. Pembijian dilakukan di dalam kantong atau karung untuk menghindari kehilangan hasil. Pembersihan niji dari kulit polong dilakukan dengan tampi. Sebelum disimpan biji kacang hijau di jemur kembali sampai mencapai kering simpan yaitu kadar air 8 - 10 %.

 Cara budidaya kacang hijau secara organik


Lahan atau Media Tanam

Media tanam merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membudidayakan tanaman kacang hijau.
Dalam budidaya tanaman kacang hijau, media tanam yang digunakan yaitu tanah lembung, sebab di dalam tanah lembung terkandung berbagai zat dan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman kacang hijau.
Selain itu tanaman kacang hijau cocok dibudidayakan pada musim kemarau. Oleh sebab itu pada budidaya tanaman kacang hijau, tidak disarankan untuk melakukan penyiraman secara berlebih. Sedangkan pH yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman kacang hijau adalah 5,8 hingga 7.

Benih Kacang Hijau

Diperlukan benih yang berkualitas untuk menghasilkan tanaman kacang hijau yang berkualitas. Benih kacang hijau ada beberapa macam, seperti walet, merak, dan nuri.

Proses Penanaman

Waktu yang tepat untuk membudidayakan tanaman kacang hijau adalah pada saat musim kemarau, sebab tanaman kacang hijau tidak membutuhkan banyak air.
Jarak masing-masing tanaman kacang hijau untuk kacang hijau yang bercabang adalah 40 x 20 cm, sedangkan untuk tanaman kacang hijau yang tidak memiliki cabang berjarak 30 x 10 cm.
Masing-masing lubang tanam diisi oleh 2 hingga 3 benih kacang hijau. Setelah memasukkan benih pada lubang tanam, tanaman kacang hijau selanjutnya diberi pupuk organik. Kemudian tutup lubang tanam dengan tanah dan padatkan.

Pemberian Pupuk

Tanaman kacang hijau yang sudah diberikan pupuk pada masa awal tanam, selanjutnya dilakukan pemupukan secara ritun.
Hal ini bertujuan agar tanaman kacang hijau dapat tumbuh subur. Setelah tanaman kacang hijau berusia lebih dari 2 minggu, pemberian pupuk dapat dilakukan dua minggu sekali. Akan tetapi, sebaiknya pemberian pupuk dihentikan pada saat tanaman kacang hijau mulai berbunga.

Penyiraman

Pada saat pertumbuhan awal atau pada saat tanaman kacang hijau mulai tumbuh menjadi kecambah, tanaman kacang hijau perlu disiram secara intensif. Selain itu, penyiraman juga diperlukan pada saat musim kemarau panjang.
Yang perlu diperhatikan pada saat penyiraman dalam budidaya tanaman kacang hijau adalah jangan menyiram terlalu banyak hingga menimbulkan genangan air. Hal tersebut akan membuat kacang hijau menjadi busuk.

Pemanenan

Kacang hijau yang sudah dapat dipanen ditandai dengan daun pada tanaman kacang hijau yang sudah menguning dan berguguran.
Selain itu ditandai pula dengan polong kacang hijau yang berwarna agak kehitaman dan terlihat sedikit retak. Biasanya masa panen pada budidaya tanaman kacang hijau adalah 75 hingga 100 hari setelah penanaman kacang hijau.
Setelah kacang hijau dipanen, sebaiknya simpan di tempat yang terbebas dari hama.

Cara budidaya kacang hijau secara hidroponik
Cara menanam kacang hijau dan cara menanam kacang merah di pekarangan sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan barang – barang bekas. Berbagai perlengkapan penanaman pun sangat mudah dibeli di toko pertanian. Jika hendak menanam kacang hijau, berikut adalah langkah – langkah menanam model pasang surut atau EBB & Flow System yang dapat diterapkan dengan mudah.
Persiapan Alat dan Bahan
Berikut ini adalah peralatan yang dibutuhkan dalam cara menanam kacang hijau hidroponik:
1. Tangki Penampung Air
Salah satu perlengkapan hidroponik yang harus ada adalah tangki. Tangki akan digunakan untuk menampung air dan nutrisi. Tangki dapat dibuat dari talang air bekas, peralon bekas, dan lain – lain. Pengaturan pasang surut model hidroponik ini akan dilakukan berdasarkan larutan yang berada di dalam tangki.
2. Net pot
Net pot adalah pot dengan lubang menyerupai jaring yang didesain khusus untuk tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik.
3. Selang
Selang adalah alat bantu mengalirkan cairan. Selang dibutuhkan untuk mengalirkan air dan nutrisi dari tangki. Selang akan membantu menghubungkan wadah nutrisi dan pompa air
4. Benih kacang hijau
Benih kacang hijau dapat dibeli atau ditemukan dengan mudah di toko pertanian dan benih. Berbagai varietas dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Benih yang dipilih sebaiknya merupakan benih vertil agar dapat dibuat benih kembali. Jika benih yang dipilih adalah steril, maka tanaman tidak dapat kembali dilakukan pembibitan. Penanaman kacang hijau berikutnya harus kembali membeli benih baru.
5. Larutan Nutrisi
Larutan nutrisi untuk penanaman hidroponik sangat beragam jenis dan macamnya. Nutrisi ini bisa dengan mudah ditemukan di toko pertanian. Salah satu jenis nutrisi yang banyak digunakan adalah AB- Mix. Penggunaan nutrisi ini pun sangat mudah, kita hanya perlu melarutkan di dalam air. Nutrisi adalah salah satu faktor utama keberlangsungan pertumbuhan yang baik.
6. Media Tanam
Berbagai media tanam hidroponik sangat banyak dan dijual secara bebas. Pilihan media dapat berupa cocopeat atau arang sekam. Arang sekam adalah salah satu media yang dapat menjaga kelembaban tanaman. Rock woll merupakan media tanam yang juga banyak dipilih karena praktis dalam penggunaanya.
Rekomendasi untuk penggunaan metode pasang surut yakni memilih media yang memiliki porositas tinggi. Media tersebut diantaranya rock wool, hudroto, dan kerikil. Porositas yang tinggi akan mencegah akar terlalu lama terendam oleh air. Perendaman yang terlalu lama akan meningkatkan resiko pembusukan.
Cara Menanam Kacang Hijau Hidroponik
Berikut ini adalah cara menanam kacang hijau hidroponik paling mudah:
1. Persiapan Perangkat dan Media Tanam
Media tanam yang digunakan telah dijelaskan bahwa harus memiliki porositas yang tinggi. Misalnya penggunaan rockwool yang dapat langsung digunting dan diberi lubang. Rockwool dapat dikombinasi dengan kerikil atau hudroto.
Media langsung saja dimasukan ke dalam net pot. Net pot dipasang pada tangki air yang telah didesain sedemikian rupa sehingga akar tidak tenggelam seluruhnya pada nutrisi.
2. Penyemaian Benih Kacang Hijau
Cara menanam benih kacang hijau dan cara menanam kacang panjang dengan metode hidroponik tidak membutuhkan proses penyemaian terlebih dahulu. Benih dapat langsung di masukan ke dalam media tanam yang telah siap pada rangkaian penanaman.
Dua hingga tiga benih dapat langsung dimasukan ke dalam media yang lembab. Jika ingin melakukan penyemaian terlebih dahulu, dapat menggunakan berbagai media sementara diantaranya kapas, rock wool, dan lain lain. Penggunaan tanah dapat pula diaplikasikan dengan terlebih dahulu dicampur pupuk kompos perbandingan 1:2.
3. Penanaman Kacang Hijau
Kacang hijau yang disemai menjadi bibit maupun benih yang langsung ditanam dapat dipindahkan pada media yang telah disediakan. Penanam kacang hijau sebaiknya di tempatkan pada lahan terbuka.
Hal ini bertujuan untuk mendapatkan intensitas cahaya yang besar. Intensitas cahaya akan mendukung masa pembungaan yang membuat peluang panen lebih melimpah.
Penanaman di dalam ruangan dapat saja dilakukan dengan memanfaatkan lampu paling sedikit 1000 watt. Pencahayaan yang dibutuhkan adalah selama kurang lebih 13 jam per hari. Periode pembungaan pada kacang hijau membutuhkan waktu penyinaran yang lebih lama. Penyinaran kacang hijau berbunga baik dilakukan selama 16 jam per hari.
4. Perawatan Kacang Hijau
Cara menanam hidroponik kacang hijau cukup mudah dilakukan. Hal terpenting adalah memperhatikan keadaan tanaman. Jika tanaman mengalami defisiensi (kekurangan nutrisi), hal yang harus dilakukan adalah menambah nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman kacang hijau. Perawatan yang baik akan menghasilkan kacang hijau melimpah dengan jangka waktu satu setengah bulan sejak masa panen.

Tips Menanam Kacang Hijau di Tanah

Cara menanam kacang hijau maupun cara menanam kacang tanah dapat dilakukan dengan mudah di tanah. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan jika hendak menanam kacang hijau.
  • Tanam kacang hijau pada tanah bertekstur liat berlempung.
  • pH tanah yang direkomendasikan yakni berkisar 5,8 – 7,0.
  • Pembangunan drainase sangat penting jika tanah basah berlumpur (3 – 5 m)
  • Penerapan teknik tugal dapat dilakukan dengan pembuatan celah yang dapat diisi 2 -3 buah.

Sumber:

Comments

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete

Post a Comment

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad