Pengertian Barang substitusi dan Barang komplementer serta masing-masing contohnya


Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Dari segi hubungannya dengan benda lain, maka suatu barang bisa diklasifikasikan dalam 2 fungsi yaitu Barang substitusi dan barang komplementer
        Barang substitusi dan komplementer adalah dua atau lebih jenis barang yang mempunyai hubungan antara satu dan yang lainnya, bisa itu saling melengkapi atau saling menggantikan.


Pengertian Barang Substitusi

               Barang subtitusi merupakan barang pemuas kebutuhan manusia yang saling menggantikan fungsinya dengan sempurna.



        Dengan kata lain apabila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang lainnya.
        Dengan adanya barang substitusi, maka manusia memiliki alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, kebutuhan subtitusi juga memungkinkan manusia untuk tidak perlu khawatir kekurangan barang dan jasa, karena selalu ada barang pengganti yang memiliki fungsi serupa.



        Barang substitusi umumnya bertolak belakang antara yang satu dan lainnya, jika permintaan yang satu naik maka yang lainnya cenderung dan bisa saja mengalami penururnan.

Contoh Barang Substitusi
        Agar anda lebih memahami makna dan pengertian barang substitusi maka saya berikan beberapa contoh disertai penjelasan mengapa suatu barang dapat menggantikan barang lainnya yang sama sekali berbeda jenisnya.
Nasi dengan roti atau nasi dengan gandum
        Jika tidak ada nasi,maka kita bisa mengonsumsi roti sebagai pemenuhan kebutuhan untuk fungsi yang sama, sehingga dalam hal ini, bisa diasumsikan jika roti adalah barang substitusi dari nasi.
Pulpen dan Pensil
        Mungkin anda pernah mengalami ketika sedang menulis tugas atau apapun menggunakan pulpen kehabisan tinta. Saat itu tengah malam dan tidak mungkin anda pergi ke warung untuk membeli pulpen. Anda mempunyai alat tulis lain yaitu pensil yang bisa anda gunakan untuk melanjukan kegiatan tulis menulis anda. Memang hasilnya tidak sama karena kedua jenis barang ini berbeda, tapi intinya dapat menggantikan fungsinya, yaitu menulis.
Nasi dan Mie Instan
        Contoh barang substitusi lainnya yaitu nasi dan mie instan. Saat lapar anda butuh makan. Meskipun makanan pokok anda adalah nasi dilengkapi dengan beragam sayur dan lauk pauk, namun dalam kondisi mendesak, kita dapat menggantikannya dengan mie instan. Mie instan memiliki fungsi yang sama dengan nasi, yaitu sebagai sumber energi untuk aktivitas sehari-hari.
Laptop dan Komputer
        Laptop digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Bila laptop anda suatu ketika rusak karena terkena virus atau kendala lainnya, anda tetap dapat mengerjakan aktivitas dengan memanfaatkan komputer yang ada di rumah. Antara laptop dan komputer saling memiliki fungsi yang sama, oleh karenanya hubungan keduanya dapat dijadikan contoh barang substitusi.
Santan Kelapa dan Santan Kemasan
        Suatu ketika anda sedang membuat kolak, lalu kehabisan kelapa di pasar. Santan kelapa digantikan dengan santan kemasan untuk membuat kolak yang manis dan enak karena keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama.
Premium dan Pertalite
        Tidak selamanya premium selalu tersedia di SPBU. Jika anda pengendara motor mungkin pernah mengalami SPBU tempat mengisi bensin kendaraan anda kehabisan premium. Pilihannya ada dua, apakah anda akan mencari SPBU lainnya atau menggantinya dengan pertalite. Jika bahan bakar kendaraan anda sudah “sekarat” pastinya anda memilih menggantinya dengan pertalite.
Gelas dan Cangkir
        Selesai beraktifitas misalnya berolah raga di bawah terik sinar matahari pastinya akan membuat anda kehausan. Hal yang pertama anda lakukan ketika setibanya di rumah adalah minum. Namun gelas di rumah anda semuanya kotor belum di cuci. Disana (rak piring) hanya ada cangkir, mangkok dan piring. Ketiganya bisa digunakan untuk minum, saya rasa pilihan anda pasti cangkir.

Pengertian Barang komplementer

        Menurut Kamus Besar Bahasa Indonessia (KBBI) Komplementer artinya adalah saling mengisi atau melengkapi      

  Definisi komplementer adalah Produk atau layanan yang dirancang untuk digunakan dengan produk dan layanan perusahaan lain.

Barang komplementer merupakan barang yang kegunaannya saling melengkapi satu sama lain. Tanpa adanya satu barang, maka barang yang lainnya akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.


        Barang komplementer adalah produk atau jasa yang dirancang untuk digunakan dengan produk atau layanan perusahaan lain.

        Barang komplementer digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang fungsinya saling melengkapi. Artinya, jika suatu barang dimanfaatkan sendirian tanpa ada barang pelengkapnya, maka kebutuhan tidak bisa dipenuhi secara maksimal. Saking pentingnya keberadaan barang komplementer ini bisa menyebabkan barang lain yang memiliki hubungan fungsi dengannya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal, bahkan tidak bisa dimanfaatkan sama sekali.

        Berbeda dengan barang substitusi, permintaan barang komplementer cenderung naik beriringan. Artinya jika permintaan satu barang naik, maka barang lainnya (komplementer) akan ikut naik.
Konsep Terkait Nilai Tambah Barang Komplementer
        Barang komplementer akan memiliki elastisitas silang negatif dari permintaan seperti ciri-ciri barang ekonomi. Jika harga satu barang naik, permintaan untuk kedua barang pelengkap akan jatuh. 
        Semakin erat kaitannya, semakin tinggi elastisitas permintaan. Jika mereka barang pelengkap yang lemah maka akan ada elastisitas silang rendah dari permintaan. 
        Misalnya, jika harga teh meningkat maka hanya akan berdampak kecil pada pengurangan permintaan teh dan konsumsi susu. Namun, jika harga Ponsel Android meningkat, itu akan berdampak negatif terhadap penjualan dan oleh karena itu mengurangi permintaan untuk Android Apps.
        Barang komplementer adalah produk atau layanan yang cenderung dijual bersama. Permintaan untuk satu, diterjemahkan menjadi permintaan untuk yang lain. Ini adalah konsep dasar ekonomi yang biasanya digunakan sebagai strategi produk .
Contoh Barang Komplementer
        Agar anda lebih memahami makna dan pengertian barang komplementer maka saya berikan beberapa contoh disertai penjelasan mengapa suatu barang saling memiliki ketergantungan untuk digunakan bersamaan.
Pulpen dan tinta
        Tinta dibutuhkan untuk mengisi pulpen, sehingga baru bisa digunakan untuk menulis. Begitu pula sebaliknya, tanpa adanya pulpen, tinta mungkin tidak dapat digunakan sebagai alat menulis.

Gula dan Kopi
        Kopi adalah minuman favorit masyarakat Indonesia, bahkan internasional. Tapi saya yakin yang dimaksud favorit setidaknya harus dicampur dengan gula agar terasa manis. Jika tidak dicampur gula yang namanya kopi tidak akan disukai, karena rasanya yang pahit.
Handphone dan Charger
        Handphone tersebut tidak akan berfungsi bila baterainya tidak memiliki daya. Dibutuhkan charger untuk mengecharge-nya. Begitupun bila hanya ada charger, kita tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa dari keberadaannya. Keduanya termasuk contoh barang komplementer yang saling melengkapi.
Dispenser dan Galon
        Galon dan dispenser juga merupakan 2 barang yang saling melengkapi. Dispenser dirancang untuk menggunakan galon sebagai tempat penyimpanan air minumnya. Demikian juga dengan galon yang dirancang untuk menjadi benda / tempat menyimpan air untuk dispenser.
Buku Catatan dan Pulpen
        Anda pastinya mengetahui bahwa buku catatan adalah suatu benda yang berfungsi untuk menyimpan semua kegiatan dan ilmu dalam bentuk dokumentasi tertulis. Untuk menggunakan buku pastinya anda membutuhkan benda lain misalnya pulpen, pensil atau spidol. Demikian juga dengan pulpen, anda membutuhkan media untuk menggunakannya, yaitu tadi…buku.
Kompor dan Gas
        Saat memasak, Anda tentu menggunakan 2 alat utama yaitu kompor dan gas yang berada di dalam tabung. Jika salah satu di antara keduanya tidak ada, misalnya gas dalam tabung habis, maka kompor pasti tidak akan bisa menyala dan Anda pun pasti tidak jadi memasak. Begitupula sebaliknya.
Mobil dan Bensin
        Mobil dapat bergerak dan dikendarai karena adanya bahan bakar yang dikonsumsinya. Bila tanpa bahan bakar, maka dipastikan mobil harus diderek untuk bisa melaju, sehingga kebutuhan kita dalam hal transportasi tidak akan terpenuhi. Begitupun bila hanya ada bensin, kita juga tidak akan bisa bertransportasi dengan mengandalkannya saja.
TV dan Antena
        Anda dapat menonton TV dirumah bukan semata-mata karena hanya ada TV saja. Untuk memperoleh gambar yang bening dan cerah, anda membutuhkan antena yang biasanya terpasang di luar rumah. Antara TV dan antena memiliki hubungan yang saling melengkapi sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia dalam hal hiburan.


Pisau cukur dan silet
Kombinasi produk semacam itu dapat menguntungkan karena orang perlu membeli merek pisau cukur tertentu dengan pisau cukur dan mereka secara teratur perlu diganti.

Mobil Listrik dan Panel Surya
Memiliki mobil listrik dapat meningkatkan kebutuhan listrik. Orang yang membeli mobil listrik cenderung tertarik pada panel surya karena nilai yang terkait dengan keberlanjutan , ketahanan dan kemandirian.

Semprotan Sepatu dan Perlindungan
Adalah umum bagi peritel sepatu untuk mencoba menjual bahan kimia yang dirancang untuk melindungi sepatu.

Konsol Game dan Game
Perusahaan mungkin dapat membuat lebih banyak dari game daripada konsol game itu sendiri. Dengan demikian, mereka mungkin memiliki insentif untuk menawarkan konsol dengan harga murah.

Klub dan Makanan
Vendor makanan kecil dapat mengambil manfaat dari lokasi di area dengan ekonomi malam yang aktif . Pada larut malam, sebagian besar kompetisi mungkin ditutup dan bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik.

Popcorn dan Film
Menjual makanan ringan untuk penonton film.

Air dan Penerbangan Botol
Adalah hal biasa bagi penumpang yang melakukan penerbangan untuk membeli barang-barang seperti air kemasan, makanan ringan dan majalah di bandara.

Pulpen dan Tinta 
Memerlukan tinta agar bulpen bisa digunakan.

Makanan dan Rempah-rempah 
rempah-rempah digunakan untuk memperenak makanan.

Pensil dan Penghapus 
Penghapus digunakan untuk mengoreksi kesalahan pensikl.

Mobil dan Bensin 
Mobil tidak bisa berjalan tanpa bahan bakarnya yakni bensin.

Senjata dan Peluru 
Senjata tidak ada gunanya tanpa ada peluru di dalamnya.

Pemutar DVD dan DVD 
Pemutar DVD digunakan untuk mmeutar DVD.

Senter dan Baterai
Senter tidak bisa nyala tanpa baterai.

Sepatu dan Tali
Sepatu akan menggunakan tali pengikat.

Perangkat keras dan perangkat lunak
dua kesatuan perangkat yang selalu ada bersama-sama.

Printer dan Kartrid
Printer harus menggunakan katrid.

Wajan dan Minyak
Kita membutuhkan keduanya agar bisa memasak sesuatu.

Roti dan Mentega
Dibutuhkan mentega untuk mengolah rotu

Mesin jahit dan Benang
Kita memerlukan benag untuk membuat mesin jahit berfungsi.

Jarum dan Benang
Kita memrlukan benang untuk bisa mnggunakan jarum jahit.


Pustaka

https://thidiweb.com/barang-substitusi-dan-komplementer/
https://www.simulasikredit.com/apa-itu-barang-komplementer-berikut-contoh-barang-komplementer/

https://www.jurnal.id/id/blog/2017-ketahui-pengertian-barang-komplementer-dan-barang-substitusi/
https://dosenekonomi.com/ilmu-ekonomi/ekonomi-mikro/contoh-barang-komplementer
http://www.gresnews.com/berita/tips/113378-mengenal-aturan-impor-barang-komplementer/

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad