Komponen dan evolusi manajemen strategik [part 1]



1. Determinan tujuan perusahaan

    ~ Perusahaan didirikan dengan tujuan = memperoleh laba, meningkatkan harga saham, meningkatkan  
        volume penjualan, dan mempertahankan kelangsungan hidupnya.
    ~ Untuk mencapai tujuan perusahaan, manajemen memperhatikan 2 faktor, yaitu faktor eksternal
       (tidak terkontrol perusahaan) dan faktor internal (sepenuhnya dikontrol perusahaan).


2. Pengertian dan komponen manajemen strategis

    ~ manajemen strategik adalah suatu seni dan ilmu untuk menciptakan keunggulan bersaing yang
        Berkesinambungan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
    ~ manajemen strategik adalah  usaha manajerial menumbuhkembangkan kekuatan perusahaan untuk    
        menciptakan peluang bisnis yg muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan   
        sesuai dengan misi yang telah ditentukan.
    David (2002) manajemen strategi adalah seni dan ilmu untuk merumuskan, mengimplementasikan,
                            dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu   
                            mencapai tujuannya.
    Ketchen (2009) manajemen strategis sebagai analisis, keputusan, dan aksi yang dilakukan perusahaan
                            untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan bersaing.

    Komponen pokok:     1. Analisis lingkungan bisnis (eksternal)
                                      2. Analisis profil perusahaan (internal) untuk mengidentifikasi kekuatan dan    
                                           kelemahan perusahaan
                                      3. Strategi bisnis yang diperlukan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan
                                          misi perusahaan
                                      4. Misi perusahaan

    ~ Strategi bisnis terdiri dari 3 proses yang saling berkaitan, yaitu perumusan (formulasi), proses
       implementasi (eksekusi), dan proses pengawasan (pengendalian).

    Visi dan Misi :
     ~ Visi merupakan langkah pertama dalam perencanaan strategis.
     ~ Visi menjawab pertanyaan “ingin menjadi apakah kita?”.
     ~ Pernyataan misi adalah penyataan tujuan jangka panjang yang membedakan suatu bisnis dengan
        bisnis serupa lainnya “apakah bisnis kita?”.
     ~ Pernyataan misi mengidentifikasikan lingkup operasi-operasi perusahaan dalam hal produk dan
        Pasar.

    Contoh pernyataan visi/misi:
    ~ Visi dari sebuah klinik mata di Florence, Carolina selatan adalah “Visi kami adalah
       merawat mata anda”.
    ~ Visi dari Institute of Management Accountants adalah “Menjadi pelopor dunia dalam pendidikan,
       sertifikasi dan praktik dari manajemen akuntansi & manajemen keuangan”.
    ~ Misi Microsoft adalah Menciptakan perangkat lunak untuk komputer pribadi yang memberdayakan
       dan meningkatkan mutu orang-orang ditempat kerja, di sekolah, dan di rumah
    ~ Misi Indofood 1) senantiasa meningkatkan kompetensi karyawan kami, proses produksi kami, dan
       teknologi kami ; 2) menyediakan produk yang berkualitas tinggi, inovatif, dengan harga terjangkau
       yang merupakan pilihan pelanggan; 3) memastikan ketersediaan produk bagi pelanggan domestik
       maupun internasional.







Mata kuliah Manajemen Strategi Bisnis
Agribisnis, Semester 5 

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad