Analisa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman atau
yang biasa kita sebut sebagai SWOT adalah salah satu cara paling umum dalam
penyusunan strategi suatu perusahaan, penjualan produk, maupun ide bisnis yang
baru.
Pengertian
Dari segi bahasa, pengertian SWOT bisa diuraikan dari
akronimnya. SWOT berasal dari 4 kata dalam bahasa Inggris, yakni Strengths
(kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (kesempatan) dan Threats
(ancaman).
Analisis SWOT adalah sebuah analisa yang
bersifat deskriptif (analisa berupa gambaran) terhadap situasi ataupun kondisi
sebagaimana merupakan sebuah masukan dengan setiap fungsi yang berbeda yang
akan dikelompokkan masing-masing.
Analisis SWOT adalah
suatu metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang
berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats), baik itu tujuan jangka
pendek maupun jangka panjang.
“SWOT adalah evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan,
peluang, dan ancaman, yang terdapat pada individu atau organisasi”
~Philip Kotler
“Analisis SWOT adalah bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk
mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan. Kelemahan dan
kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman ekstern sebagai
landasan untuk menghasilkan berbagai alternatif strategi.”
~Pearce dan Robinson
“Analisis SWOT adalah instrumen internal dan eksternal
perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan dengan pola 3-1-5. 3 tahun
sebelum analisis, apa yang diinginkan pada tahun saat dilakukan analisis, dan
kecenderungan perusahaan pada 5 tahun pasca analisis”
~Yusanto dan Wijdajakusuma
Analisis SWOT adalah usaha yang dilakukan berdasarkan
logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama dapat
meminimalisir kelemahan dan ancamana. Analisis ini bertujuan untuk
mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi
perusahaan”
~Freddy Rangkuti
“Analisis SWOT adalah metode analisis yang paling
mendasar yang berguna untuk mengetahui topik dan permasalahan dari empat sisi
yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini adalah arahan atau rekomendasi
untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta
mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman”
~Rais
“Analisis SWOT adalah suatu penilaian atas
kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan dari semua sumber daya yang dimiliki
oleh organisasi. Hal ini juga mencakup tantangan yang akan dihadapi dan
kesempatan eksternal ke depannya”
~ Jogiyanto (2005)
“SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan
untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),
dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau
suatu spekulasi bisnis”
~Wikipedia
Analisis SWOT berperan penting dalam bisnis karena
tujuannya untuk membuat kerangka situasi dan kondisi dalam suatu perusahaan
dari sudut pandang SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats).
Metode analisis SWOT tujuannya adalah untuk menggambarkan
situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dan bukan merupakan alat analisis yang
dapat memberikan solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi.
Analisis SWOT adalah suatu upaya yang dilakukan dalam
kegiatan usaha untuk penetapan strategi bisnis.
Biasanya, analisis ini menggunakan panduan sistematis
atau kerangka dalam menjalankan diskusi agar lebih terarah dan fokus pada hal
yang ingin dicapai.
Analisis SWOT juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan
suatu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam pengembangan bisnis yang
dijalani.
Manfaat Analisis SWOT
Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui suatu
permasalahan dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang,
dan ancaman, yang dimilki oleh sebuah perusahaan.
Hasil dari analisis ini dapat memberikan rekomendasi
untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan peluang, serta pada saat yang
bersamaan mengurangi kelemahan dan menghindari potensi ancaman.
secara umum manfaat analisis SWOT adalah sebagai berikut:
1 Perusahaan menjadi lebih memahami kekuatannya dan
memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
2 Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankan
peluang.
3 Perusahaan mengetahui kelemahan serta mencari solusi
untuk mengurangi kelemahan tersebut.
4 Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari
solusi untuk menghindari ancaman tersebut.
“Fungsi analisa SWOT pada dasarnya adalah untuk
memperoleh informasi terkait dengan analisis situasi kemudian mengurainya
menjadi pokok persoalan internal berupa kelemahan dan kekuatan serta pokok
persoalan eksternal yang meliputi ancaman dan peluang”
~ Harline dan Ferrel (2005)
Analisis SWOT sangat penting untuk dilakukan sebagai
kerangka untuk menganalisis apa yang dimiliki dan tidak dimiliki perusahaan.
Analisa SWOT sudah dianggap sebagai metode
analisis untuk mendeskripsikan perusahaan yang paling dasar. Melalui analisa
SWOT dapat menjadi bahan untuk membuat perencanaan strategis dan mencapai
tujuan perusahaan secara lebih sistematis.
Umumnya analisis SWOT
digambarkan dengan tabel pada ukuran kertas yang besar untuk memudahkan
analisis hubungan antar aspeknya.
Pembuatan analisis SWOT
melibatkan tujuan bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor internal
(kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (Peluang dan ancaman) untuk mencapai
tujuan tersebut.
Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis
dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian
menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana
kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)
yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah
keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya
bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan
terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat
ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang
memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an
dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Unsur-Unsur Analisis SWOT
Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua
kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan
faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).
analisis SWOT melibatkan empat unsur utamanya,
yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Berikut penjelasan dari masing-masing
unsur tersebut:
1. Kekuatan (Strength)
Komponen pertama yang digunakan dalam analisis SWOT
adalah strength atau kekuatan. Analisis ini akan melihat kondisi atau
situasi apapun yang dinilai sebagai kekuatan dari sebuah perusahaan untuk
meningkatkan segmentasi pasarnya. Pada tahap ini, perusahaan harus mampu
menganalisis kekuatan atau keunggulannya untuk bisa menghadapi pesaing
bisnisnya.
Analisis tentang kelebihan atau keunggulan yang dimiliki
perusahaan seperti dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi
strategis, atau unsur kekuatan.
Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau
organsiasi kita?
2 Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih
baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
3 Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau
organisasi kita?
4 Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan
penjualan?
5 Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita
sebagai suatu kelebihan?
2. Kelemahan (Weakness)
Selanjutnya yang
menjadi komponen utama dalam SWOT adalah kelemahan. Hal ini diartikan sebagai
analisis terhadap kondisi atau situasi apapun yang menjadi kelemahan
perusahaan. Kelemahan ini bisa jadi merupakan kendala yang menghambat sebuah
perusahaan untuk berkembang.
Untuk mengetahui kelemahan perusahaan bisa dengan
melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dimiliki perusahaan lain
namun tidak dimiliki perusahaan kita.
Untuk membuat daftar kelemahan perusahaan secara lebih
obyektif bisa dengan testimoni konsumen yang umumnya lebih mengetahui apa yang
kurang dari sebuah perusahan.
Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau
organisasi?
2 Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau
organisasi kita?
3 Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
4 Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai
suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
5 Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat
lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?
3. Peluang (Opportunity)
Pada dasarnya bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau
kesempatan untuk menghasilkan keuntungan.
Dalam analisa SWOT juga menganalisis kondisi yang
memberikan kesempatan bagi perkembangan perusahaan. Komponen ini juga mencakup
pada pencarian kemungkinan atau peluang maupun inovasi yang akan memberi
peluang pada perusahaan agar tetap berkembang di masa depan.
Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang memungkinkan
bisnis mampu bertahan dan diterima di masyarakat, baik dalam jangka pendek
maupun jangka panjang.
Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
2 Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan
atau organisasi kita?
4. Ancaman (Threats)
Komponen terakhir yang menjadi bagian tak terpisahkan
dalam analisis ini adalah ancaman. Hal ini maksudnya adalah menganalisis setiap
kondisi atau situasi yang bisa menjadi ancaman atau bahkan tantangan yang harus
dan akan dihadapi oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan
bisnisnya. Tujuan dari analisis ancaman ini adalah agar perusahaan bisa mencari
jalan keluar atau solusi untuk mengatasi ancaman tersebut jika ingin usaha yang
dijalani bisa tetap berjalan.
Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman misalnya banyaknya
pesaing, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain
sebagainya.
Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
2 Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan
atau organisasi kita?
3 Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman
bagi perusahaan atau organisasi kita?
4 Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan
mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?
Contoh Analisis SWOT
Analisis SWOT Indochemical Agrotech terkait ekspor produk
pupuk ke negara Malaysia.
Faktor Internal Perusahaan
Strength
1 Perusahaan memiliki sosial value yang kuat
2 Visi perusahaan didukung oleh latar belakang keilmuan
3 Sistem produksi bebas dari penggunaan bahan kimia
4 Kapasitas produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan
ekspor
5 Memiliki potensi pengembangan produk hasil pertanian
lainnya
Weakness
1 Belum memiliki sertifikasi organik
2 Workshop permanen masih perlu perbaikan
3 Belum berpengalaman dalam ekspor-impor skala besar
Faktor Eksternal (di luar perusahaan)
Opportunity
1 Sumber bahan baku dan SDM melimpah
2 Kebutuhan pupuk organik semakin meningkat
3 Regulasi pupuk organik untuk masuk ke negara Malaysia
tidak begitu rumit
Threat
1 Pupuk vermikompos belum begitu dikenal di level industri
2 Pasar pupuk di Malaysia telah didominasi produk dari
Belanda, Thailand, dan China
Analisa SWOT Bisnis Plan Bamboo Speaker
Deskripsi
Bisnis: Bamboo
speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami
untuk smartphone yang terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat
mengeraskan suara (amplifier) tanpa menggunakan listrik.
Strength
1 Praktis digunakan dan mudah dibawa
2 Unik dan belum ada di pasaran
3 Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai
4 Handmade – nilai seni dengan buatan tangan
Weakness
1 Spesifik untuk merk smartphone tertentu
2 Suara tidak sekeras speaker listrik
Opportunity
1 Belum banyak saingan
2 Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
3 Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini
Threat
1 Ancaman imitasi produk dari pihak luar
2 Persaingan dari merk yang sudah terkenal sebelumnya
3 Model speaker smartphone yang sering berubah
Analisis SWOT Produk Cassava Castle
Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata
Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle
merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar
singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam.
Strength
1 Produk memiliki nilai gizi tinggi
2 Bahan baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama
seluruh jenis makanan, baik makanan ringan maupun berat, baik rasanya asin
ataupu manis
3 Harga terjangkau bagi semua kalangan
4 Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas
bermain bagi keluarga
Weakness
1 Pada awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
2 Desain kedai yangBahan baku belum dapat diproduksi di
lahan sendiri
3 Harga terjangkau bagi semua kalangan
4 Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas
bermain bagi keluarga
Opportunity
1 Gaya hidup masyarakat yang senang makan di luar rumah
2 Kaum sosialita cenderung mencari kuliner unik
4 Bahan baku mudah didapat karena banyak diproduksi di
Indonesia
5 Harga bahan baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai
mudah ditemukan
Threat
1 Terdapat pesaing makanan yang beraneka rasa walaupun
berbahan dasar selain singkong
2 Tantangan dalam menemukan tenaga ahli di bidang tata
boga dan kuliner
3 Tantangan untuk menemukan arsitek yang dapat mendesain
interior kedai
4 Bahan baku belum dapat ditanam di lahan milik sendiri
Analisis SWOT StarBucks
Kekuatan [S]
|
Kelemahan [W]
|
Peluang [O]
|
Ancaman [T]
|
Memiliki produk
dan layanan berkualitas tinggi
|
Efek bagi kesehatan dari mengkonsumsi produk Starbucks
|
Memanfaatkan
merek Starbucks lebih banyak lagi selain gerai
|
Studi kesehatan terbaru tentang dampak gula
|
Brand terkenal
secara internasional, dan memiliki kekuatan branding
|
Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada segmen
internasional
|
Kelompok produk
konsumen global
|
Sejumlah besar pesaing dalam bisnis kopi spesial
|
Lokasi store
berada di tempat yang strategis
|
Bergantung pada segmen operasi di Amerika
|
Perluasan segmen
operasi internasional
|
Suplai dan harga kopi tunduk pada volatilitas yang
signifikan
|
Memiliki hubungan
yang baik dengan supplier
|
Bencana alam sangat mempengaruhi pasokan
|
Inovasi produk
dan platform pertumbuhan baru
|
Kondisi ekonomi di Amerika bisa menurunkan belanja
konsumen
|
Efektif dan
efisien dalam rantai pasok
|
Bergantung pada hubungan dengan pemasok
|
Lonjakan upah minimum menurunkan profitabilitas dan
menurunkan pasokan
|
Analisis SWOT bisnis laundry
Kekuatan [S]
|
Kelemahan [W]
|
Peluang [O]
|
Ancaman [T]
|
Dibutuhkan masyarakat
|
Sampah plastik dan busa bekas sabun
|
Segmen pasar jelas
|
Pesaing jasa laundry lain
|
Lokasi laundry strategis dekat kos-kosan
|
Biaya listrik membengkak
|
Jasa Laundry selalu dibutuhkan
|
Suplay ketersediaan air menipis
|
Analisis SWOT PT. Astra Honda
Motor (AHM)
Strength / Kekuatan
Kualitas. Product yang dibuat oleh PT AHM memilii standar
International hingga cukup diakui oleh orang-orang.
Jumlah. Dengan mempunyai sebagian pabrik yang beroperasi,
jadi produksi yang dibuat begitu maksimum.
Branch Mark. Product Honda sudah jadi legenda untuk
orang-orang Indonesia.
Prestasi. Sudah banyak penghargaan yang disabet oleh PT
AHM jadi bukti kalau ini yaitu perusahaan yang telah terkenal serta cukup
banyak mempunyai kelebihan.
Spare Part. Nyaris di semua tanah air bisa dengan gampang
peroleh suku cadang aslinya.
Dealer. Sudah menyebar bahkan juga sampai ke pelosok
untuk mempermudah customer mencapainya.
Tehnologi. Senantiasa ikuti perubahan tehnologi otomotif
hingga kwalitas yang dibuat oleh PT AHM tetaplah terbangun.
Harga Product. Bukan sekedar melaunching product untuk
kelas atas, PT AHM juga sering kali meluncurkan product dengan harga rendah
agar bisa mencapai semua bidang ekonomi beragam susunan orang-orang.
Weakness / Kelemahan
Bila dibanding dengan product otomotif dari perusahaan
beda, motor Honda banyak ketinggalan pada point desainnya.
Harga yang cukup mahal terutama tipe premium seperti
motor sport yang di produksi
banyak product asing yang mengikuti spesifikasi dari
product produk PT AHM dengan harga jual yang tambah lebih murah bila customer tidak cermat jadi juga akan memperoleh suku
cadang yang berkualitas jelek karna banyak barang emitasi mengedar dipasaran.
Opportunities / Peluang
Tingkat populasi masyarakat yang cukup besar adalah pasar
mungkin yang bisa jadikan jadi tujuan penjualan product.
PT Astra Honda Motor sudah lakukan eksport produknya ke
negara yang tengah berkembang.
Keyakinan yang memiliki brand Honda dari jepang pada PT
Astra Honda Motor adalah satu kesempatan untuk selalu meningkatkan potensi yang
ada pada PT Astra Honda Motor.
Threat / Ancaman
Produsen lain, seperti Yamaha yaitu satu diantara
kompetitor terberat dalam bidang industri otomotif nasional.
Hingga sekarang ini belum juga seutuhnya spare part di
produksi di dalam negeri sehingga masih tetap bergantung dari distribusi oleh
Honda Jepang.
Ketetapan yang di buat oleh pemerintah terkadang
cukup besar pengaruhnya pada keberlangsungan satu industry seperti kenaikan
harga BBM. Uang muka credit. Honda masih tetap membanderol uang muka
credit yang cukup tinggi hingga menyusahkan customer untuk mencapainya.
Pustaka
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html?gclid=CjwKCAjw1KLkBRBZEiwARzyE76KyxgtyP3nZplUN33vOao5iFtG0FG_DF9znhLaGtrI2_0KpigmfXBoCp1sQAvD_BwE
http://pengertianparaahli.com/pengertian-contoh-analisis-swot/
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
http://blogpengertian.com/analisis-swot/#
https://karinov.co.id/contoh-analisis-swot-perusahaan/
Comments
Post a Comment