Analisis SWOT - Pengertian, manfaat, unsur-unsur, contoh



Analisa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman atau yang biasa kita sebut sebagai SWOT adalah salah satu cara paling umum dalam penyusunan strategi suatu perusahaan, penjualan produk, maupun ide bisnis yang baru.

Pengertian

        Dari segi bahasa, pengertian SWOT bisa diuraikan dari akronimnya. SWOT berasal dari 4 kata dalam bahasa Inggris, yakni Strengths (kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (kesempatan) dan Threats (ancaman).

 Analisis SWOT adalah sebuah analisa yang bersifat deskriptif (analisa berupa gambaran) terhadap situasi ataupun kondisi sebagaimana merupakan sebuah masukan dengan setiap fungsi yang berbeda yang akan dikelompokkan masing-masing.

Analisis SWOT adalah suatu metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam usaha mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats), baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

“SWOT adalah evaluasi terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang terdapat pada individu atau organisasi”
 ~Philip Kotler

“Analisis SWOT adalah bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan. Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan ancaman ekstern sebagai landasan untuk menghasilkan berbagai alternatif strategi.”
~Pearce dan Robinson

“Analisis SWOT adalah instrumen internal dan eksternal perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan dengan pola 3-1-5. 3 tahun sebelum analisis, apa yang diinginkan pada tahun saat dilakukan analisis, dan kecenderungan perusahaan pada 5 tahun pasca analisis”
~Yusanto dan Wijdajakusuma

Analisis SWOT adalah usaha yang dilakukan berdasarkan logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada saat yang sama dapat meminimalisir kelemahan dan ancamana. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan”
~Freddy Rangkuti

“Analisis SWOT adalah metode analisis yang paling mendasar yang berguna untuk mengetahui topik dan permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Hasil akhir dari analisis ini adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman”
~Rais

“Analisis SWOT adalah suatu penilaian atas kelemahan-kelemahan dan kekuatan-kekuatan dari semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Hal ini juga mencakup tantangan yang akan dihadapi dan kesempatan eksternal ke depannya”
~ Jogiyanto (2005)

“SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis”
~Wikipedia


        Analisis SWOT berperan penting dalam bisnis karena tujuannya untuk membuat kerangka situasi dan kondisi dalam suatu perusahaan dari sudut pandang SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats).

        Metode analisis SWOT tujuannya adalah untuk menggambarkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dan bukan merupakan alat analisis yang dapat memberikan solusi terhadap masalah yang tengah dihadapi.

        Analisis SWOT adalah suatu upaya yang dilakukan dalam kegiatan usaha untuk penetapan strategi bisnis.

        Biasanya, analisis ini menggunakan panduan sistematis atau kerangka dalam menjalankan diskusi agar lebih terarah dan fokus pada hal yang ingin dicapai.

        Analisis SWOT juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan suatu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam pengembangan bisnis yang dijalani.

Manfaat Analisis SWOT

        Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang dimilki oleh sebuah perusahaan.

        Hasil dari analisis ini dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan peluang, serta pada saat yang bersamaan mengurangi kelemahan dan menghindari potensi ancaman.

        secara umum manfaat analisis SWOT adalah sebagai berikut:
1 Perusahaan menjadi lebih memahami kekuatannya dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.

2 Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankan peluang.

3 Perusahaan mengetahui kelemahan serta mencari solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.

4 Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari solusi untuk menghindari ancaman tersebut.

“Fungsi analisa SWOT pada dasarnya adalah untuk memperoleh informasi terkait dengan analisis situasi kemudian mengurainya menjadi pokok persoalan internal berupa kelemahan dan kekuatan serta pokok persoalan eksternal yang meliputi ancaman dan peluang”
~ Harline dan Ferrel (2005)

        Analisis SWOT sangat penting untuk dilakukan sebagai kerangka untuk menganalisis apa yang dimiliki dan tidak dimiliki perusahaan.

        Analisa SWOT sudah dianggap sebagai metode analisis untuk mendeskripsikan perusahaan yang paling dasar. Melalui analisa SWOT dapat menjadi bahan untuk membuat perencanaan strategis dan mencapai tujuan perusahaan secara lebih sistematis.


        Umumnya analisis SWOT digambarkan dengan tabel pada ukuran kertas yang besar untuk memudahkan analisis hubungan antar aspeknya.



        Pembuatan analisis SWOT melibatkan tujuan bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (Peluang dan ancaman) untuk mencapai tujuan tersebut.


        Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

       Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Unsur-Unsur Analisis SWOT

       Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

 analisis SWOT melibatkan empat unsur utamanya, yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Berikut penjelasan dari masing-masing unsur tersebut:

1. Kekuatan (Strength)
        Komponen pertama yang digunakan dalam analisis SWOT adalah strength atau kekuatan. Analisis ini akan melihat kondisi atau situasi apapun yang dinilai sebagai kekuatan dari sebuah perusahaan untuk meningkatkan segmentasi pasarnya. Pada tahap ini, perusahaan harus mampu menganalisis kekuatan atau keunggulannya untuk bisa menghadapi pesaing bisnisnya.

        Analisis tentang kelebihan atau keunggulan yang dimiliki perusahaan seperti dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis, atau unsur kekuatan.

        Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
2 Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
3 Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
4 Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
5 Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?


2. Kelemahan (Weakness)
        Selanjutnya yang menjadi komponen utama dalam SWOT adalah kelemahan. Hal ini diartikan sebagai analisis terhadap kondisi atau situasi apapun yang menjadi kelemahan perusahaan. Kelemahan ini bisa jadi merupakan kendala yang menghambat sebuah perusahaan untuk berkembang.

        Untuk mengetahui kelemahan perusahaan bisa dengan melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki perusahaan kita.

        Untuk membuat daftar kelemahan perusahaan secara lebih obyektif bisa dengan testimoni konsumen yang umumnya lebih mengetahui apa yang kurang dari sebuah perusahan.

        Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
2 Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
3 Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
4 Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
5 Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?


3. Peluang (Opportunity)
        Pada dasarnya bisnis dibentuk berdasarkan peluang atau kesempatan untuk menghasilkan keuntungan.

        Dalam analisa SWOT juga menganalisis kondisi yang memberikan kesempatan bagi perkembangan perusahaan. Komponen ini juga mencakup pada pencarian kemungkinan atau peluang maupun inovasi yang akan memberi peluang pada perusahaan agar tetap berkembang di masa depan.

        Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang memungkinkan bisnis mampu bertahan dan diterima di masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

        Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
2 Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

4. Ancaman (Threats)
        Komponen terakhir yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam analisis ini adalah ancaman. Hal ini maksudnya adalah menganalisis setiap kondisi atau situasi yang bisa menjadi ancaman atau bahkan tantangan yang harus dan akan dihadapi oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Tujuan dari analisis ancaman ini adalah agar perusahaan bisa mencari jalan keluar atau solusi untuk mengatasi ancaman tersebut jika ingin usaha yang dijalani bisa tetap berjalan.

        Beberapa hal yang termasuk unsur ancaman misalnya banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya.

        Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:
1 Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
2 Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
3 Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
4 Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?


Contoh Analisis SWOT

Analisis SWOT Indochemical Agrotech terkait ekspor produk pupuk ke negara Malaysia.

Faktor Internal Perusahaan

Strength
1 Perusahaan memiliki sosial value yang kuat
2 Visi perusahaan didukung oleh latar belakang keilmuan
3 Sistem produksi bebas dari penggunaan bahan kimia
4 Kapasitas produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan ekspor
5 Memiliki potensi pengembangan produk hasil pertanian lainnya

Weakness
1 Belum memiliki sertifikasi organik
2 Workshop permanen masih perlu perbaikan
3 Belum berpengalaman dalam ekspor-impor skala besar

Faktor Eksternal (di luar perusahaan)

Opportunity
1 Sumber bahan baku  dan SDM melimpah
2 Kebutuhan pupuk organik semakin meningkat
3 Regulasi pupuk organik untuk masuk ke negara Malaysia tidak begitu rumit

Threat
1 Pupuk vermikompos belum begitu dikenal di level industri
2 Pasar pupuk di Malaysia telah didominasi produk dari Belanda, Thailand, dan China

Analisa SWOT Bisnis Plan Bamboo Speaker

Deskripsi Bisnis: Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami untuk smartphone yang terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat mengeraskan suara (amplifier) tanpa menggunakan listrik.

Strength
1 Praktis digunakan dan mudah dibawa
2 Unik dan belum ada di pasaran
3 Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai
4 Handmade – nilai seni dengan buatan tangan

Weakness
1 Spesifik untuk merk smartphone tertentu
2 Suara tidak sekeras speaker listrik

Opportunity
1 Belum banyak saingan
2 Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
3 Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini

Threat
1 Ancaman imitasi produk dari pihak luar
2 Persaingan dari merk yang sudah terkenal sebelumnya
3 Model speaker smartphone yang sering berubah

Analisis SWOT Produk Cassava Castle

Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam.

Strength
1 Produk memiliki nilai gizi tinggi
2 Bahan baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama seluruh jenis makanan, baik makanan ringan maupun berat, baik rasanya asin ataupu manis
3 Harga terjangkau bagi semua kalangan
4 Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Weakness
1 Pada awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
2 Desain kedai yangBahan baku belum dapat diproduksi di lahan sendiri
3 Harga terjangkau bagi semua kalangan
4 Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Opportunity
1 Gaya hidup masyarakat yang senang makan di luar rumah
2 Kaum sosialita cenderung mencari kuliner unik
4 Bahan baku mudah didapat karena banyak diproduksi di Indonesia
5 Harga bahan baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai mudah ditemukan

Threat
1 Terdapat pesaing makanan yang beraneka rasa walaupun berbahan dasar selain singkong
2 Tantangan dalam menemukan tenaga ahli di bidang tata boga dan kuliner
3 Tantangan untuk menemukan arsitek yang dapat mendesain interior kedai
4 Bahan baku belum dapat ditanam di lahan milik sendiri



Analisis SWOT StarBucks



Kekuatan [S]
Kelemahan [W]
Peluang [O]
Ancaman [T]
Memiliki produk dan layanan berkualitas tinggi

Efek bagi kesehatan dari mengkonsumsi produk Starbucks
Memanfaatkan merek Starbucks lebih banyak lagi selain gerai
Studi kesehatan terbaru tentang dampak gula



Brand terkenal secara internasional, dan memiliki kekuatan branding

Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada segmen internasional
Kelompok produk konsumen global





Sejumlah besar pesaing dalam bisnis kopi spesial




Lokasi store berada di tempat yang strategis

Bergantung pada segmen operasi di Amerika
Perluasan segmen operasi internasional

Suplai dan harga kopi tunduk pada volatilitas yang signifikan

Memiliki hubungan yang baik dengan supplier
Bencana alam sangat mempengaruhi pasokan
Inovasi produk dan platform pertumbuhan baru
Kondisi ekonomi di Amerika bisa menurunkan belanja konsumen
Efektif dan efisien dalam rantai pasok
Bergantung pada hubungan dengan pemasok

Lonjakan upah minimum menurunkan profitabilitas dan menurunkan pasokan


Analisis SWOT bisnis laundry

Kekuatan [S]
Kelemahan [W]
Peluang [O]
Ancaman [T]
Dibutuhkan masyarakat
Sampah plastik dan busa bekas sabun
Segmen pasar jelas
Pesaing jasa laundry lain


Lokasi laundry strategis dekat kos-kosan
Biaya listrik membengkak
Jasa Laundry selalu dibutuhkan
Suplay ketersediaan air menipis

Analisis SWOT PT. Astra Honda Motor (AHM)

Strength / Kekuatan

        Kualitas. Product yang dibuat oleh PT AHM memilii standar International hingga cukup diakui oleh orang-orang.

        Jumlah. Dengan mempunyai sebagian pabrik yang beroperasi, jadi produksi yang dibuat begitu maksimum.

        Branch Mark. Product Honda sudah jadi legenda untuk orang-orang Indonesia.

        Prestasi. Sudah banyak penghargaan yang disabet oleh PT AHM jadi bukti kalau ini yaitu perusahaan yang telah terkenal serta cukup banyak mempunyai kelebihan.

        Spare Part. Nyaris di semua tanah air bisa dengan gampang peroleh suku cadang aslinya.

        Dealer. Sudah menyebar bahkan juga sampai ke pelosok untuk mempermudah customer mencapainya.

        Tehnologi. Senantiasa ikuti perubahan tehnologi otomotif hingga kwalitas yang dibuat oleh PT AHM tetaplah terbangun.

        Harga Product. Bukan sekedar melaunching product untuk kelas atas, PT AHM juga sering kali meluncurkan product dengan harga rendah agar bisa mencapai semua bidang ekonomi beragam susunan orang-orang.

Weakness / Kelemahan

         Bila dibanding dengan product otomotif dari perusahaan beda, motor Honda banyak ketinggalan pada point desainnya.

        Harga yang cukup mahal terutama tipe premium seperti motor sport yang di produksi
banyak product asing yang mengikuti spesifikasi dari product produk PT AHM dengan harga jual yang tambah lebih murah bila customer tidak cermat jadi juga akan memperoleh suku cadang yang berkualitas jelek karna banyak barang emitasi mengedar dipasaran.

Opportunities / Peluang

        Tingkat populasi masyarakat yang cukup besar adalah pasar mungkin yang bisa jadikan jadi tujuan penjualan product.

        PT Astra Honda Motor sudah lakukan eksport produknya ke negara yang tengah berkembang.

         Keyakinan yang memiliki brand Honda dari jepang pada PT Astra Honda Motor adalah satu kesempatan untuk selalu meningkatkan potensi yang ada pada PT Astra Honda Motor.

Threat / Ancaman

        Produsen lain, seperti Yamaha yaitu satu diantara kompetitor terberat dalam bidang industri otomotif nasional.

        Hingga sekarang ini belum juga seutuhnya spare part di produksi di dalam negeri sehingga masih tetap bergantung dari distribusi oleh Honda Jepang.

        Ketetapan yang di buat oleh pemerintah terkadang cukup besar pengaruhnya pada keberlangsungan satu industry seperti kenaikan harga BBM.  Uang muka credit. Honda masih tetap membanderol uang muka credit yang cukup tinggi hingga menyusahkan customer untuk mencapainya.


Pustaka
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-analisis-swot.html?gclid=CjwKCAjw1KLkBRBZEiwARzyE76KyxgtyP3nZplUN33vOao5iFtG0FG_DF9znhLaGtrI2_0KpigmfXBoCp1sQAvD_BwE
http://pengertianparaahli.com/pengertian-contoh-analisis-swot/
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
http://blogpengertian.com/analisis-swot/#



https://karinov.co.id/contoh-analisis-swot-perusahaan/

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad