Pasar Persaingan Sempurna - pengertian, ciri-ciri, Kelebihan dan kekurangan, contoh, Hambatan serta Pandangan ahli



Pengertian

        Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar di mana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa.

       Menurut Wilson Bangun (2007), pengertian pasar persaingan sempurna adalah bentuk pasar yang paling tua di dunia. Bentuk pasar ini efektif digunakan pada sebuah negara yang butuh kebebasan bertransaksi bagi para pelaku ekonomi.

        Menurut Sadono Sukirno (2005), pengertian pasar persaingan sempurna adalah industri dimana terdapat banyak sekali penjual dan pembeli, dan masing-masing penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga produk di pasar.

        Menurut Adiwarman A. Karim (2007), pengertian pasar persaingan sempurna adalah sebuah pasar dimana penjual tidak dapat menentukan harga dan hanya bisa menjual dengan harga yang berlaku di pasar. Pasar persaingan sempurna dalam kondisi yang paling ekstrim ketika penjual sama sekali tidak bisa menentukan harga.

        Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

        Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.

        Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen.

       Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai peapakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.



Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

1.       Terdiri atas Banyak Penjual & Pembeli

        Hal ini mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan. Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat datum (harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual) karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

2.       Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)

        Artinya adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasar misalnya dengan adanya surat perjanjian.

3.       Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

        Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan. Artinya sekalipun Anda membeli disatu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya akan sama persis dengan perusahaan lain.

4.       Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

        Penjual dan pembeli sangat mengetahui betul tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya. Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:
– Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
– Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
– Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar

5.       Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

        Maksudnya adalah tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. karena pada dasarnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.



Kelebihan dan kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Kelebihan :
1.   Mampu mendorong efisiensi dalam produksi. Dengan jumlah produsen atau penjual yang banyak, maka produsen akan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu barnag yang dijualanya.
2.  Tidak memerlukan iklan. Dengan sifat homogen di pasar persaingan sempurna, maka pemasangan iklan sama sekali tidak dibutuhkan karena jenis barang yang di perjual-belikan sama.
3.   Pembeli dan penjual bebas bertindak. Produsen dan konsumen memiliki kebebasan dalam keluar masuk pasar. Bagi produsen yang memiliki modal untuk menjual produknya dapat memasuki pasar. Bagi produsen yang merasa rugi dapat segera keluar dari pasar. Dan konsumen memiliki kebebasan untuk membeli barang di pasar kapanpun.
4.   Harga tidak ditentukan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli. Harga di pasar persaingan sempurna ditentukan oleh hasil transaksi tawar-menawar di pasar.

Kekurangan :
1.  Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk. Dengan laba secukupnya, membuat produsen kuran melakukan penelitian untuk ber-inovasi.
2.   Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli. Dengan jenis barang yang dijual hanya satu, membuat konsumen tidak bisa memilih barang sesuai selera dan tingkat pendapatan mereka masing-masing.
3.  Pekerja menerima upah atau gaji rendah. Dengan laba secukupnya, produsen tidak bisa memberikan upah tinggi kepada pekerjanya.



Contoh Pasar Persaingan Sempurna

        Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.

        Salah satu jenis pasar yang hampir atau paling mendekati ciri-ciri pasar persaingan sempuna adalah pasar dengan barang komoditi makanan pokok masyarakat yang dijual. Sebagai contoh adalah pasar yang menjual beras dimana sudah jelas terlihat hubungan antara penjual dan pembeli. Namun pasar tersebut dapat dikatakan sempurna, jika pasar beras tersebut memenuhi kriteria sebagai berikut:

1.  Penjual maupun pembeli dari beras tersebut tidak dapat menentukan dan mematok harga karena harus mengikuti harga pasaran beras yang sudah ditentukan oleh pihak yang bersangkutan.
2.    Tawar-menawar yang terjadi saat proses transaksi menentukan harga pasar untuk beras.
3.   Pasar komiditi tersebut adalah pasar yang relatif homogen. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada tetap beberapa jenis beras yang berbeda yang ditawarkan dengan sedikit harga yang berbeda pada masing-masing jenisnya.
4.  Pada pasar komiditi beras tersebut  untuk penjual atau produsen beras dan pembeli atau konsumennya pun sama-sama dalam jumlah yang banyak.

        Kenyataannya dalam pasar beras ini sebenarnya masih ada campur tangan opemerintah dan bulog meskipun sedikit. Sehingga untu pasar ini paling mendekati pasar persaingan sempurna. Berapapun jumlah barang atau produk yang dijual tetap tidak akan mempengaruhi sebuah harga. Dalam janga waktu pendek, kurva yang terbentuk vertikal karena harga sudah ditentukan pasar.

        Lainnya dalam jangka waktu panjang harganya akan naik dan turun tergantung permintaan komoditi di masyarakat serta beberapa faktor lainnya. Dalam jangka panjang pula akan diberlakukan hukum supply dan demman dimana penawaran naik maka permintaan turun dan harga mengikutinya juga berlaku sebaliknya.

Hambatan untuk Pasar Persaingan Sempurna

Banyak industri juga memiliki hambatan yang signifikan untuk masuk, seperti biaya startup yang tinggi (Anda bisa lihat dalam industri manufaktur otomotif) atau peraturan pemerintah yang ketat (seperti yang terlihat dalam industri utilitas), yang membatasi kemampuan perusahaan untuk masuk dan keluar dari industri tersebut.

Ada rintangan signifikan yang mencegah pasar persaingan sempurna muncul dalam perekonomian saat ini. Industri pertanian mungkin paling dekat dengan menunjukkan pasar persaingan sempurna karena ditandai oleh banyak produsen kecil yang hampir tidak memiliki kemampuan untuk mengubah harga jual produk mereka. Para pembeli komersial komoditas pertanian umumnya sangat terinformasi dan, meskipun produksi pertanian melibatkan beberapa hambatan untuk masuk, tidak terlalu sulit untuk memasuki pasar sebagai produsen.

Pemikiran para ekonom tentang Pasar Persaingan Sempurna

Tidak ada ekonom yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna adalah perwakilan dari dunia nyata. Sangat sedikit yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna dapat dicapai. Perdebatan nyata di antara para ekonom adalah apakah pasar persaingan sempurna harus dianggap sebagai tolok ukur teoritis untuk pasar riil. Ekonom neoklasik berpendapat bahwa persaingan sempurna dapat bermanfaat, dan sebagian besar analisis mereka berasal dari prinsip-prinsipnya. Banyak aliran pemikiran kecil lainnya tidak setuju.

Pemenang Nobel F.A. Hayek berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna tidak memiliki klaim yang disebut “kompetisi.” Dia menunjukkan bahwa model tersebut menghapus semua aktivitas kompetitif dan mengurangi semua pembeli dan penjual menjadi pembeli harga yang tak ada bandingannya.




Baca Juga: 

Sumber:
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-dan-ciri-ciri-pasar-persaingan-sempurna/
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
https://moondoggiesmusic.com/pasar-persaingan-sempurna/
https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-pasar-persaingan-sempurna.html
https://cpssoft.com/blog/manajemen/arti-pasar-persaingan-sempurna/


Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad