Media Massa dan Perilaku Selektif serta Kecenderungan Pemilihan Media


Media Massa dan Perilaku Selektif

        Media massa adalah alat-alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesa secara serempak, cepat kepada audiens yang luas dan heterogen. Kelebihan media massa dibanding dengan jenis komunikasi lain adalah ia bisa membaasi hambatan ruang dan waktu. Bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir seketika pada waktu yang tak terbatas (Nurudin, 2007).

          Begitu banyaknya media sosial yang bermunculan, masyarakat mungkin dihadapkan pada kecenderungan dalam memilih media social yang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Bila dikaji dari teori Uses anda Gratification dapat diasumsikan bahwa khalayak dianggap secara aktif dalam menggunakan media untuk memenuhi kebutukan.

        Khalayak juga sadar sepenuhnya terhadap ketertarikan, motif, dan penggunaan media. Nilai kegunaan dan kepuasan mengajukan gagasan bahwa perbedaan individu menyebabkan audiensi mencari, menggunakan dan memberikan tanggapan terhadap isi media secara berbeda-beda yang disebabkan berbagai factor psikologis yang berbeda di antara individu audiensi.




        Adapun hal yang begitu memprihatinkan adalah kemungkinan bahwa masyarakat tidak begitu peduli terhadap kualitas dan kuantitas media social tersebut. Setiap masyarakat pastilah berpikir dan dari proses berpikir itulah masyarakat membuat keputusan-keputusan, salah satunya adalah untuk menentukan media apa yang bisa memberikan informasi yang mereka inginkan.

        Sehubungan dengan hal tersebut, sebenarnya media berada pada posisi yang disatu sisi dapat memberikan pengaruh-pengaruh positif, dan disisi lain juga bisa memberikan pengaruh-pengaruh negatif. Sehingga kita harus benar-benar memahami arti dan fungsi media tersebut dalam kehidupan kita. Kalau kita mengacu pada berbagai ketentuan atau aturan hukum tentang media sosial, maka kita bisa melihat bahwa media sosial diberi tugas, kewajiban untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa.

          Namun nyatanya tidak sedikit media sosial yang jauh dari nilai-nilai kebudayaan kita. Itu sebabnya bila masyarakat memilih sebuah media sebagai sarana komunikasi, mereka cenderung memilih media yang sesuai dengan situasi dan kondisi kehidupan mereka.






Kecenderungan Pemilihan Media

         Kecenderungan adalah hasrat atau kesiapan reaktif yang tertuju pada suatu objek konkrit, dan selalu muncul berulang-ulang (Kartono, 1980). Kecenderungan ini adalah hasil dari pengalaman-pengalaman dan ditentukan oleh pribadi masing-masing yang pada setiap manusia pastilah berbeda.

           Kecenderungan ini ada karena adanya dorongan-dorongan yang muncul dari dalam diri seseorang yang mengarahkan ke suatu obyek tertentu untuk menunjukkan rasa suka atau tidak suka orang itu terhadap obyek tersebut. Dalam kecenderungan itu ada kesiagaan utntuk bereaksi dan berminat yang didasari oleh tekanan-tekanan emosional dan minat pada suatu obyek dan kecenderungan menentukan tingkah laku seseorang terhadap lingkungan karena kecenderungan merupakan watak yang tetap.

          Namun kecenderungan ini bukanlah tingkah laku itu sendiri, tetapi merupakan sesuatu yang memungkinkan timbulnya tingkah laku yang mengarahkan pada suatu obyek. Sifat dari kecenderungan ini bisa sementara namun kadang juga bisa bersifat menetap.

         Disini kecenderungan yang di maksud adalah dalam hal memilih media. Dalam melakukan komunikasi, sering kita dihadapkan pada situasi memilih media yang sesuai dalam menyampaikan pesan. Media merupakan komponen utama dalam proses komunikasi sebagai penghantar pesan demi terciptanya komunikasi yang sempurna.

          Dengan beragam dan bervariasinya bentuk pesan dan informasi yang akan disampaikan, menuntut memilih media yang tepat agar proses komunikasi dapat berjalan dengan baik. Menentukan media komunikasi yang tepat sangat tergantung dengan situasi dan keterlibatan unsur psikologis individu.


Baca Juga: Media Sosial
                    Revolusi Media Informasi Komunikasi
                    Status Sosial Ekonomi

Sumber:
http://eprints.umm.ac.id/37053/3/jiptummpp-gdl-fitriaherm-50780-3-babii.pdf

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad