Teknik Budidaya Kangkung Darat Secara Konvensional, Organik, dan Hidroponik, serta Tips Pemasarannya


         Kangkung (Ipomoea sp.) dapat ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Kangkung merupakan jenis tanaman sayuran daun, termasuk ke dalam famili Convolvulaceae.  Daun kangkung panjang, berwarna hijau keputih-putihan merupakan sumber vitamin pro vitamin A.  Berdasarkan tempat tumbuh, kangkung dibedakan menjadi dua macam yaitu: 
1) Kangkung darat, hidup di tempat yang kering atau tegalan, dan 
2) Kangkung air, hidup ditempat yang berair dan basah.

          Kangkung darat  (Ipomoea Reptans) berwarna hijau terang dengan ujung daun yang runcing. Warna bunga kangkung darat putih. Sedangkan kangkung air  (Ipomoea Aquatica) daunnya berwarna hijau agak gelap dengan ujung yang membulat atau lebih tumpul  sehingga terlihat lebih lebar. Warna bunga kangkung air cenderung ungu.

        Selain perbedaan fisik, kebiasaan cara memanen dua jenis kangkung ini berbeda pula. Kangkung darat di panen dengan cara dicabut, sedangkan kangkung air dipanen dengan cara dipotong.

Teknik Budidaya Kangkung Darat Secara Konvensional

Benih

        Kangkung darat dapat diperbanyak dengan biji. Untuk luasan satu hektar diperlukan benih sekitar 10 kg. Varietas yang dianjurkan adalah varietas Sutra atau varietas lokal yang mempunyai daya adaptasi lebih baik dibanding varietas lain.

Persiapan Lahan

        Lahan terlebih dahulu dicangkul sedalam 20-30 cm supaya gembur, setelah itu dibuat bedengan membujur dari Barat ke Timur agar mendapatkan cahaya penuh. Lebar bedengan sebaiknya 100-120 cm, tinggi 30 cm dan panjang sesuai kondisi lahan, untuk mempermudah pemeliharaan sebaiknya panjang bedengan tidak lebih 15 m. Jarak antar bedengan + 30 cm. Lahan yang asam (pH rendah) lakukan pengapuran dengan kapur kalsit atau dolomit untuk menaikkan derajat keasaman tanah dosis 1,5 t/ha, pengapuran dilakukan sebelum penanaman, yaitu 2-4 minggu sebelum tanam.

Pemupukan

        Pupuk organik (sebaiknya kotoran ayam yang telah difermentasi) diberikan tiga hari sebelum tanam dengan dosis 4 kg/m2. Sebagai starter ditambahkan pupuk anorganik berupa Urea 15 gr/m2 pada umur 10 hari setelah tanam. Agar pemberian pupuk lebih merata, pupuk Urea diaduk dengan pupuk organik kemudian diberikan secara larikan disamping barisan tanaman, jika perlu tambahkan pupuk cair 3 liter/ha (0,3 ml/m2) pada umur 1 dan 2 minggu setelah tanam.

Penanaman

        Biji kangkung darat ditanam di bedengan yang telah dipersiapkan. Buat lubang tanam dengan jarak 20 x 20 cm, tiap lubang tanamkan 2 - 5 biji kangkung. Sistem penanaman dilakukan secara zigzag atau system garitan (baris).  Kangkung darat sebaiknya ditanam pada sore hari.

Pemeliharaan

        Pemeliharaan yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan air, kangkung darat diperlukan penyiraman yang teratur yaitu dua kali sehari pada pagi dan sore hari, bila tidak turun hujan harus dilakukan penyiraman apalagi pada musim kemarau.  Penjarangan dan penyulaman perlu dilakukan dan penyiangan setiap 2 minggu.  Pembubunan pada 2 minggu setelah tanam.  Hal lain adalah pengendalian gulma waktu tanaman masih muda dan menjaga tanaman dari serangan hama dan penyakit.  Agar pertumbuhan subur, sebaiknya seminggu setelah atau sesudah panen, tanaman dipupuk urea kembali.  Ketika pemupukan, lahan dikeringkan terlebih dahulu selama 4 – 5 hari kemudian diairi kembali.  Jika pemupukan dengan cara ditebar, jangan sampai butiran pupuk mengenai daun karena dapat menyebabkan daun layu.

Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)

        Hama yang menyerang tanaman kangkung antara lain ulat grayak (Spodoptera litura F), kutu daun (Myzus persicae Sulz) dan Aphis gossypii.  Sedangkan penyakit antara lain penyakit karat putih yang disebabkan oleh Albugo ipomoea reptans. Untuk pengendalian, gunakan jenis pestisida yang aman mudah terurai seperti pestisida biologi, pestisida nabati atau pestisida piretroid sintetik. Penggunaan pestisida tersebut harus dilakukan dengan benar baik pemilihan jenis, dosis, volume semprot, cara aplikasi, interval dan waktu aplikasinya.  Penyemprotan pestisida dilakukan jika dirasakan perlu.  Hama ulat putih ditanggulangi dengan pemberian 2 cc/l air Baysudin.  Ulat daun ditanggulangi dengan pemberian 2 cc/l air insektisida Diazinon 60 EC.

        Serangga pemakan daun dikendalikan dengan penyemprotan senyawa organofosfat jauh sebelum pemanenan.  Ketika penyemprotan pestisida sebaiknya lahan dikeringkan selama 4 – 5 hari, kemudian diairi kembali.

Panen dan Pasca Panen

        Panen dilakukan setelah berumur + 25 hari setelah tanam, dengan cara mencabut tanaman sampai akarnya atau memotong pada bagian pangkal tanaman sekitar 2 cm di atas permukaan tanah. Pasca panen terutama diarahkan untuk menjaga kesegaran kangkung, yaitu dengan cara menempatkan kangkung yang baru dipanen di tempat yang teduh atau merendamkan bagian akar dalam air dan pengiriman produk ketempat tujuan secepatnya.

Teknik Budidaya Kangkung Darat Secara Organik

Penyiapan benih untuk budidaya kangkung

        Untuk mendapatkan tanaman yang baik, tentunya harus dilakukan pemilihan benih yang baik pula. Terdapat beberapa benih unggul kangkung yang terkenal seperti varietas Sutera dan Bangkok. Benih sutera merupakan benih yang diintroduksi dari kangkung Hawaii oleh Departemen Pertanian pada tahun 1980-an. Namun yang banyak beredar saat ini adalah kangkung keluaran Bisi dan Panah Merah serta kangkung asal Jawa Timur seperti Sidoarjo. Agak sulit untuk menelusuri varietas-varietas kangkung yang beredar dipasaran.

        Benih kangkung darat yang baik adalah benih yang daya tumbuhnya lebih dari 95 persen dan tumbuhnya tegak setidaknya hingga umur 8 minggu. Karena kangung darat yang tumbuh menjalar tidak begitu diminati pasar. Usahakan jangan menggunakan benih yang telah disimpan lebih dari satu tahun. Karena produktivitasnya akan menurun.

Pengolahan lahan dan pemupukan dasar

        Pada budidaya kangkung darat  tanah harus diolah dengan dicangkul agar gembur kemudian buat bedengan dengan lebar 1 meter dan panjang menyesuaikan dengan petak lahan. Jarak antar bedengan 30-40 cm, fungsinya sebagai saluran drainase dan jalan untuk pemeliharaan dan pemanenan.

        Untuk budidaya kangkung organik, siapkan pupuk dasar dari jenis pupuk organik, bisa menggunakan pupuk kandang yang telah matang atau pupuk kompos. Pupuk kandang lebih praktis karena tidak perlu menyiapkannya secara intensif, cukup mendiamkannya hingga kering sebelum digunakan. Sementara penyiapan pupuk kompos relatif lebih lama. Apabila menggunakan pupuk kandang, lebih baik pilih kotoran ayam dibanding kotoran kambing atau sapi. Karena kotoran ayam lebih cepat terurai, sehingga cocok dengan tanaman kangkung yang bersiklus panen cepat. Tebarkan pupuk tersebut di atas bedengan, kira-kira 10 ton per hektar. Kemudian diamkan selama 2-3 hari.

Penanaman
        Penanaman pada budidaya kangkung darat dapat ditebar langsung  atau ditugal. Sementara itu, cara disemaikan dan lalu dipindah tidak terlalu ekonomis untuk budidaya kangkung darat.  Cara ditebar langsung dilakukan dengan menebarkan benih di atas bedengan. Cara ini cukup cepat dan cocok dilakukan ditempat yang kurang orang atau ongkos tenaga kerja mahal. Kelemahan cara ini adalah boros pada penggunaan benih, karena bisa menghabiskan 5-10 kilogram benih per hektar. Cara ini memerlukan pekerja yang terampil agar hasil tebar merata. Hanya saja sulit untuk mendapatkan kepadatan populasi tanaman yang ideal. Dimana kepadatan ideal bagi tanaman kangkung adalah 50.000 pohon per hektar.

        Cara yang kedua yaitu, dengan ditugal. Enaknya dengan cara ini kita bisa mengatur jarak tanam sehingga bisa didapatkan kerapatan populasi tanaman yang ideal. Jarak antara lubang tugal adalah 10 x 5 cm, setiap lubang diisi 2-3 biji benih. Hanya saja dengan cara ini dibutuhkan lebih banyak tenaga kerja karena pekerjaannya akan lebih lama.  Penugalan tidak perlu terlalu dalam, karena budidaya kangkung darat tidak memerlukan perakaran yang terlalu kuat.

Pemeliharaan dan pemupukan lanjutan

        Dalam budidaya kangkung darat tidak diperlukan pupuk yang intensif. Kangkung darat merupakan tanaman yang tahan pada kondisi kesuburan tanah sedang. Sebenarnya pemupukan awal sudah cukup untuk memberikan nutrisi pada tanaman hingga siap panen. Namun hal ini sangat tergantung pada kondisi kesuburan tanah masing-masing. Tanah yang sebelumnya bekas ditanami tumbuhan kacang-kacangan relatif tidak memerlukan pupuk tambahan cukup dengan pupuk organik dasar yang telah diberikan diawal.

        Hanya saja apabila tanaman terlihat kurang subur yang ditandai dengan warna hijau yang pudar perlu dilakukan pemupukan tambahan. Kangkung darat sangat responsif terhadap nitrogen. Apabila diperlukan bisa diberikan pupuk organik kaya akan nitrogen seperti kotoran ayam yang telah matang bercampur sekam atau kompos yang kaya nitrogen.

        Pemeliharaan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penyiraman. Kangkung darat memerlukan banyak air untuk tumbuh. Namun apabila curah hujan terlalu tinggi, daun yang dihasilkan akan jelek. Pada musim kering perlu penyiraman yang rutin, setiap pagi dan sore hari. Jika tanaman terlihat layu dan menguning disiang hari, lakukan juga penyiraman dengan intensitas yang cukup. Kurangnya intensitas penyiraman di siang hari terik bisa membuat tanaman mati.

        Hal selanjutnya adalah penyiangan, walaupun kangkung merupakan tanaman siklus cepat adakalanya tanaman muda kalah bersaing dengan rumput. Terutama saat penebaran benih awal, pertumbuhan dari benih menjadi tanaman relatif agak lama sehingga potensi tersalip gulma cukup tinggi. Apabila terjadi hal seperti ini, gulma tersebut harus cepat disingkirkan dengan dicabut.

        Hama yang biasa menyerang kangkung antara lain belalang, ulat grayak (Spodotera Litura) dan kutu daun  dari (jenis Myzus Persicae dan Aphyds Gossypii). Gejala serangan ulat grayak adalah daun bolong-bolong dan pinggiran dau bergerigi bekas gigitan. Sedangkan kutu daun membuat tanaman kerdil dan dau melengkung. Karena kutu daun menyerap cairan dari tanaman.

        Sementara itu penyakit yang biasanya menyerang adalah penyakit karat putih (Albigo Ipomoeae Panduratae). Bila terserang penyakit ini akan muncul bercak putih pada daun kemudian akan semakin meluas.  Dalam budidaya kangkung darat organik, penanganan hama harus dilakukan secara terpadu. Untuk mengurangi resiko serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan rotasi tanam, mengatur jarak tanam dan melakukan penyiraman yang tepat. Atau bila terpaksa bisa menggunakan pestisida hayati seperti daun nimba, gadung, dan sereh wangi.

Panen dan pemasaran

        Budidaya kangkung darat dari awal sebar hingga panen memakan waktu 30-45 hari. Pemanenan bisa dilakukan dengan dua cara dipotong dan dicabut. Khusus untuk kangkung organik, sebaiknya pemanenan dilakukan dengan dicabut. Karena selera pasar kangkung organik, yakni pasar-pasar moderen, lebih memilih tanaman kangkung yang lengkap dengan akarnya. Pemanenan dengan cara dicabut akan menghasilkan tanaman kangkung sebanyak 23 ton per hektar.

        Sebelum di kemas dan dikirim ke pasar, hendaknya kangkung yang telah dicabut dibersihkan dulu dari tanah. Pencucian dilakukan dengan air mengalir atau air bersih agar terhindar dari kontaminan-kontaminan berbahaya. Tempatkan kangkung di tempat yang lembab dan jangan tersengat sinar matahari langsung.

        Berbeda dengan hasil budidaya konvensional, budidaya kangkung darat organik akan menghasilkan produk organik yang bersih dari kontaminan zat kimia berbahaya. Oleh karena itu, produknya cenderung mempunyai harga yang lebih tinggi. Sebaiknya jangan dijual langsung kepada para pengepul yang biasanya sudah siap mengambil langsung dari lahan. Apabila strategi pemasarannya kita jalankan, bukan tidak mustahil keuntungan yang diperoleh juga lebih besar.

Tips pemasaran sayur organik

#1  Penjualan di kebun (farm gate sale)
    Apabila kebun Anda mudah dijangkau, sebaiknya buka penjualan langsung di kebun. Sasaran pembelinya adalah konsumen akhir.  Biasanya konsumen sayur organik bersedia untuk datang langsung ke kebun untuk memastikan produk yang dibelinya. Dengan cara ini bisa dihemat ongkos distribusi.

#2  Memetik sendiri (pick your own)
    Dengan berkembangnya agrowisata, banyak  kebun yang menawarkan beli dan petik sendiri. Cara seperti ini banyak diterapkan oleh kebun-kebun organik di Lembang, Bandung.

#3  Penjualan langsung (direct seling)
    Penjualan langsung bisa dilakukan dengan memelihara hubungan dengan komunitas-komunitas konsumen organik. Perlu strategi pengatiran jadwal tanam dan mengembangkan keragaman tanaman untuk memenuhi permintaan konsumen. Kita bisa mengirimkan sayuran ke konsumen dalam bentuk paket-paket siap konsumsi. Untuk bisa menyediakan paket lengkap sebaiknya bekerjasama dengan sesama pembudidaya pertanian organik lainnya.

#4  Gerai khusus di pasar ritel
    Apabila punya lobi yang baik, sayur organik bisa langsung masuk ke  pasar ritel moderen. Di ritel-ritel tersebut kita bisa meminta dibuatkan display khusus organik dan menggunakan harga premium.

#5  Membuka toko organik
    Cara ini bisa dilakukan dengan kemitraan atau pengembangan usaha sendiri bila memiliki modal cukup. Cara ini dipakai oleh beberapa gerai organik di Jakarta yang bekerja sama dengan para petani organik di Bogor.

#6  Penjualan ke komunitas atau koperasi
      Saat ini masih jarang petani yang membuat grup atau kelompok khusus organik. Namun seiring dengan semakin populernya pangan organik, asosiasi-asosiasi petani organik sudah mulai banyak terbentuk.

Teknik Budidaya Kangkung Darat Secara Hidroponik

        Mengapa harus hidroponik?
        Ini karena, kangkung hidroponik mempunyai kualitas hasil yang cenderung lebih baik dari pada tanaman yang ditanam secara konvensional atau menggunakan media tanah. Hal tersebut karena dipengaruhi dari perlakuan yang diberikan, mulai dari pembibitan, perawatan hingga masa panen.
        Oleh karena itu, apabila Anda masih tergolong baru dalam dunia hidroponik, ada baiknya untuk mengetahui cara menanam kangkung hidroponik berikut ini.
Persiapan alat dan bahan
        Beberapa alat dan bahan yang akan digunakan adalah besek plastik, baskom, benih, pupuk AB Mix atau POC, dan ZPT. Untuk benih, sebaiknya dipilih benih kangkung yang memiliki kualitas bagus dan daya kecambah yang tinggi. Sementara ZPT digunakan pada saat akan merendam benih. Tujuan penggunaan ZPT sudah pasti untuk memberi dukungan terhadap tanaman agar lebih cepat berkecambah dan tumbuh.
Menyemai benih kangkung
        Benih kangkung dapat langsung ditanam dalam media tanam atau bisa juga dengan menyemainya terlebih dahulu. Bila disemai dahulu, biasanya setelah semai akan dipindah ke sistem hidroponik rakit apung, NFT, atau DFT.
        Untuk kali ini akan dijelaskan cara yang pertama yaitu menanam kangkung hidroponik secara langsung.
  • Besek diletakkan di atas baskom (ingat diameter besek harus sedikit lebih besar).
  • Air dituang hingga menyentuh dasar besek. Gunakan air yang mendekati PPM 0, seperti air buangan AC dan air sumur.
  • Kemudian, benih ditaburkan merata ke dalam besek. Bila lubang-lubang besek lebih besar dari pada benih, bisa ditambahkan tisu pada dasar besek.
  • Taruh di tempat teduh hingga benih berkecambah, kemudian jemur di bawah matahari.
Pemberian nutrisi hidroponik
        Nutrisi yang dibutuhkan oleh kangkung juga tidak berbeda dengan nutrisi kebanyakan tanaman. Jika Anda menggunakan nutrisi hidroponik dari pupuk AB Mix, maka berikut cara membuatnya:
  • Siapkan air sebanyak yang dibutuhkan sesuai dengan tabel pemakaian nutrisi. Biasanya menggunakan perbandingan 1:5:5 dan berlaku kelipatan.
  • Tambahkan stok A dan stok B kemudian aduk hingga tercampur
  • Air nutrisi siap digunakan untuk berbagai sistem hidroponik
  • Tambahkan pada baskom sampai menyentuh dasar besek plastik
Pemeliharaan
·         Dalam tahap pemeliharaan, Anda hanya perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi kangkung dan jangan sampai membiarkan kangkung tidak mendapatkan nutrisi dari larutan di bawahnya. Ketika tanaman sudah berumur 2 minggu, konsentrasi larutan akan bertambah. Anda perlu meningkatkan jumlah pupuk yang tadinya 5 ml per 1 liter menjadi 7-9 ml per liter. Ganti larutan nutrisi jika sudah berbau. Begitu seterusnya sampai memasuki masa panen.
Pemanenan
·         Kangkung dapat dipanen setelah berumur 21-25 hari. Cara panennya pun ada dua macam, yaitu dengan mencabut langsung sampai akarnya ikut (mati) atau dengan memotong 2/3 bagian batang atas agar dapat tumbuh kembali. Tanaman kangkung yang tidak segera dipanen akan menimbulkan rasa pahit getir pada batang dan daun tanaman.
·         Demikian merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam bercocok tanam tanaman kangkung menggunakan hidroponik. Semoga ulasan terkait cara budi daya kangkung hidroponikmudah dan sederhana ini bermanfaat untuk Anda yang baru memulainya.




Sumber :





Comments

  1. Thank you for content. I like it and my site is different for your site. please visit my site. คาสิโนออนไลน์

    ReplyDelete
  2. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja efektif dan efesien.

    Tenda jenis ini sering digunakan untuk kegiatan dengan skala yang besar, karena mampu mangakomodasi kebutuhan dan kenyamanan didalamnya. Tenda ini juga memiliki ketahan dan kekuatan yang sama dengan bangunan permanen.

    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih

    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih provasi.

    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan

    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.

    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Dan Keunggulan Tenda Roder

    Beberapa keunggulan nya yaitu :

    - Fleksibel

    Fleksibel dalam desain dan mudah modifikasi struktur sesuai dengan kebutuhan anda.

    - Low Maintance

    Biaya perawatan yang kecil karena menggunakan rangka alumunium yang tahan terhadap karat.

    - Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi Tenda Roder

    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk dinding dan atap nya

    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.

    2. Memiliki Ukuran yang besar

    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaotu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.

    3. Cocok digunakan untuk segala jenis acara



    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Untuk pemesanan dan konsultasi lebih lanjut anda bisa hubungi kami di : Telp/WA 081112520824 ATAU 081807000899 RAHMA

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://tendagudangbogor.blogspot.com/

    Twitter : @TangerangRoder

    Instagram : @tendapameranjakarta

    Instagram : @tendagudangjakarta

    SHOPEE : @https:tendarodertangerang

    TOKOPEDIA :@partisipameran23



    jual tenda roder transparan | jual tenda roder surabaya | jual beli tenda roder | harga sewa tenda roder jakarta | harga tenda roder per meter | harga sewa tenda roder per meter | harga tenda roder transparan | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder tangerang selatan | sewa tenda roder surabaya | sewa tenda roder bandung | sewa tenda roder transparan | sewa tenda roder medan | sewa tenda roder semarang | sewa tenda roder tangerang | sewa tenda roder jogja | sewa tenda roder bogor | sewa tenda roder jakarta | sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder banjarmasin | sewa tenda roder balikpapan | harga sewa tenda roder bekasi | sewa tenda roder di bali | sewa tenda roder indonesia com | sewa tenda roder di semarang | harga sewa tenda roder | harga sewa tenda roder transparan | harga sewa tenda roder surabaya | harga sewa tenda roder tangerang selatan | harga sewa tenda roder jakarta | jasa sewa tenda roder | sewa tenda roder karawang | sewa tenda roder murah | sewa tenda roder pekanbaru | harga sewa tenda roder per meter | sewa tenda roder untuk pernikahan | sewa tenda roder vip

    ReplyDelete

Post a Comment

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad