Konsep ekonomi publik - apa, mengapa, dan bagaimana


                                       Hasil gambar untuk public 

Apa?

Secara gamblang ekonomi publik diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang peranan pemerintah/negara dalam kehidupan ekonomi.

llmu Ekonomi Publik adalah cabang Ilmu Ekonomi yang menelaah masalah-masalah ekonomi khalayak ramai (publik/masyarakat, pemerintah/negara) seperti kebijakan subsidi/pajak, regulasi/deregulasi, nasionalisasi/privatisasi, sistem jaminan sosial, ketahanan pangan, kebijakan teknologi, pertahanan dan keamanan, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Ekonomi sektor publik adalah keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat suatu negara (hajat hidup orang banyak) dalam bentuk barang dan jasa untuk mencapai kesejahteraan.

sejak tahun 1970-an, ekonomi publik lebih banyak disebut sebagai ilmu keuangan negara.
Berikut beberapa definisi ilmu keuangan negara oleh beberapa pakar di bidang ilmu ini:

1.      Carl C. Pelm ilmu ekonomi yang mempelajari tentang penggunaan dana untuk pemerintah guna memenuhi pembayaran kegiatan yang dilakukan pemerintah

2.      R.A. Musgrave ilmu yang mempelajari tentang masalah yang luas dan kompleks yang berkaitan dengan pamasukan dan pengeluaran pemerintah

3.      Buchanan ilmu yang mempelajari tentang aktiva ekonomi pemerintah sebagai suatu unit

4.      M. Suparmoko ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kegiatan pemerintah dalam bidang ekonomi terutama dalam penerimaan dan pengeluaran negara serta pengaruhnya dalam perekonomian.
5.     
Guritno Mangkoesoebroto Satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis peranan pemerintah dalam perekonomian dan dampak kebijakan pemerintah dalam bidang fiskal terhadap perekonomian

ekonomi sektor publik adalah studi tentang isu ekonomi yang terjadi pada sektor publik (pemerintahan) dengan sektor swasta dalam ekonomi campuran.

ekonomi Masyarakat (atau ekonomi sektor publik) juga bisa dikatakan sebagai studi tentang ekonomi isu tentang sektor publik (termasuk pemerintah) dan antarmuka dengan sektor swasta (termasuk rumah tangga, bisnis, dan pasar) dalam ekonomi campuran.

Mengapa?
 
Ekonomi publik disebut ilmu keuangan negara karena pada intinya mempelajari atau menelaah tentang pengeluaran dan penerimaan negara.

Sebagai bagian dari ilmu ekonomi, ilmu keuangan negara termasuk ilmu sosial yang tidak murni dan secara khusus membahas masalah keuangan dari sektor pemerintah, antara lain penerimaan pemerintah, pengeluartan pemerintah, hutang dan pinjangman pemeritah., kebijaksanaan fiskal dan moneter dan lainnya.

Menurut Poole (1956) dalam Ilyas (1989) ilmu keuangan negara berhubungan erat dengan empat tujuan utama dari pemrintah yaitu menentukan tingkat dan cara pengeluaran pemerintah, penerimaan dari pajak, pinjaman pemerintah dan mengelola hutang pemerintah.

Tujuan utama ilmu keuangan negara adalah menentukan alokasi resources serta mengetahui pengaruhnya dari penempatan tersebut terhadap keperluan individu maupun keperluan masyarakat serta pemerintah.

Serta sektor publik ekonomi telah berkaitan dengan studi tentang bagaimana pemerintah dapat menangani kegagalan pasar untuk mencapai hasil yang efisien. 

Ekonomi sektor publik juga berkaitan dengan membenarkan keberadaan pemerintah dan menjelaskan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi. 

Inti dari ekonomi sektor publik itu sendiri juga menjelaskan  bagaimana cara pemerintah dan swasta mencapai tujuan-tujuan tertentu seperti kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan ekonomi , atau penyediaan barang-barang publik yang lebih merata dan adil.

Bagaimana?

Sebagai suatu ilmu, berarti suatu studi dan penjelasan yang didasarkan pada metode dan sistematika tertentu. Dalam kaitan ini metode yang digunakan dalam ekonomi publik adalah metode sintetis dan analisis global dan spesial, general serta metode makro analisis dan mikro analisis.
 
Analisis sektor publik terdiri dari empat tahap, yakni deskripsi kegiatan pemerintah dalam perekonomian, telaahan konsekuensi dari penerapan kebijakan tersebut, tinjauan atas kriteria keberhasilan keputusan publik, dan evaluasi atas proses politik yang mengarah pada pengambilan keputusan tentang kebijakan publik.

Menurut Newman (1968) dalam Ilyas (1989) ada dua hal pokok yang merupakan konsep ilmu keuangan negara :

Pertama; ruangan lingkup dan tujuan pemerintah. Dalam hal ini diadakan penyesuaian batasan antara sektor pemerintah dan sektor swasta di dalam kegiatan ekonomi. Utamanya dalam menentukan bagaimana kemampuan dari kegiatan pemerintah yang beranekaragam mungkin akan mempengaruhi tingkat pendapatan dan kesempatan kerja, efisiensi dari alokasi sumberdaya dan juga pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di sektor swasta.

Kedua; pembahasan yang berhubungan dengan perumusan ilmu keuangan negara dalam istilah yang non moneter. Misalnya suatu penjelasan mungkin kedengarannya aneh dimana kata keuangan pasti ada kaitannya dengan moneter, sehingga dalam hal ini akan mampu untuk menganalisis mengenai pengumpulan pajak, transfer payment, serta pengeluaran lain guna membiayai bidang yang produktif.
Berdasarkan definisi yang telah dipaparkan sebelumnya, maka ruang lingkup ilmu keuangan negara dapat dibagi menjadi:
a. Teori pengeluaran negara. Melalui pengeluaran negara pemerintah dapat berusaha mengembangkan jalannya keuangan dalam perekonomian sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran yang bertujuan akhir adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.
b. Teori penerimaan negara. Teori yang membahas beberapa sumber penerimaan negara, membahas dan menganalisis perbandingan keuntungan atau kerugian dari berbagai bentuk pemasukan serta membahas prinsip-prinsip yang dilakukan terhadap berbagai pilihan sumber penerimaan negara.
c. Teori administrasi keuangan. Menyangkut tentang semua kegiatan dalam bidang keuangan termasuk permasalahannya yang berkaitan dengan anggaran belanja negara, melakukan pelaksanaan anggaran dan pengawasan terhadap anggaran
d. Teori stabilisasi dan pertumbuhan. Membahas tentang kebijakan ekonomi dari suatu pemerintahan dan kaitannya dengan kebijakan fiskal yang behubungan langsung dengan penerimaan dan pengeluaran negara.

Dewasa ini, ilmu keuangan negara menjadi demikian kompleks tidak hanya melihat hanya pada sisi anggaran saja tetapi juga pengaruh langsung dan tidak langsung dari kegiatan perekonomian secara keseluruhan. Oleh karena itu ilmu ekonomi keuangan negara saat ini dipopulerkan kembali sebagai ilmu ekonomi publik ( Publik Economic Science)

Konsep ekonomi publik menurut para ahli
  1. Menurut Mardiasmo ekonomi sektor publik adalah suatu entitas yang aktivitasnya berhubungan dengan usaha untuk menghasilkan barang dan pelayanan publik dalam rangka memenuhi kebutuhan dan hak publik.
  2. Indra Bastian mengatakan bahwa dari sisi kebijakan ekonomi publik, sektor publik dipahami sebagai tuntutan pajak, birokrasi yang berlebihan, pemerintahan yang besar dan nasionalisasi versus privatisasi. Dalam arti luas, sektor publik disebut bidang yang membicarakan metoda manajemen negara, sedangkan dalam arti sempit, diartikan sebagai pembahasan pajak dan kebijakan pajak.
  3. Stephen Bailey dan Glasgow Caledonian mengatakan Ekonomi sektor publik berkaitan dengan membenarkan keberadaan pemerintah dan menjelaskan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi. Ini menjelaskan bagaimana ‘tangan tak terlihat “dari pasar marah oleh’ tangan terlihat ‘pemerintah dalam ekonomi campuran dari kedua sektor swasta dan publik yang diadopsi oleh sebagian besar bangsa-bangsa.
  4. Mangkoe soebroto (2001) : Ekonomi publik pada dasarnya adalah satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis peranan pemerintah dalam perekonomian, dan dampak kebijakan pemerintah dalam bidang  fiscal terhadap suatu perekonomian.
  1. Suparmoko dalam bukunya Asas-Asas Ilmu Keuangan Negara : Ekonomi sektor publik adalah bagaimana cara pemerintah dan swasta mencapai tujuan-tujuan tertentu seperti kesejahteraan rakyat melalui pertumbuhan ekonomi ,atau penyediaan barang-barang publik yang lebih merata dan adil.

SUMBER
https://esppangan.wordpress.com/2017/06/15/mengenal-konsep-ekonomi-ekonomi-sektor-publik/

Comments

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete

Post a Comment

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad