Pengertian Pertanian, Pengertian Kehutanan, Pengertian Perikanan


 Pengertian Pertanian

        Sektor pertanian merupakan sektor yang strategis dan berperan penting dalam perekonomian nasional dan kelangsungan hidup masyarakat, terutama dalam sumbangan terhadap PDB, Penyedia lapangan kerja dan penyediaan pangan dalam negeri.1 Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia mengahasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidup. Oleh karenanya sektor pertanian adalah sektor yang paling dasar dalam perekonomian yang merupakan penopang kehidupan produksi sektor-sektor lainnya seperti subsektor perikanan, subsektor perkebunan, subsektor perternakan.

        Pembangunan di bidang pertanian adalah suatu hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena sebagian besar rakyat indonesia mengkonsumsi beras dan bekerja di sektor pertanian. Sedangkan peranan penting dari sektor pertanian itu sendiri adalah dalam membentuk penyediaan kesempatan kerja dan berkontribusi terhadap pembentukan produk domestik bruto dan ekspor.

        Menurut Mosher pertanian adalah suatu bentuk produksi yang khas yang didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dalam suatu usaha tani, dimana kegiatan produksi merupakan bisnis, sehingga pengeluaran dan pendapatan sangat penting artinya.

        Menurut Van Aarsten pertanian adalah digunakan kegiatan manusia untuk memperoleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan yang pada mulanya dicapai dengan jalan sengaja menyempurnakan segala kemungkinan yang telah diberikan oleh alam guna mengembangkan tumbuhan dan hewan tersebut.

Pengertian Kehutanan

        Kehutanan adalah suatu praktik untuk membuat, mengelola, menggunakan dan melestarikan hutan untuk kepentingan manusia. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No 41 Tahun 1999 tentang kehutanan yaitu kehutanan adalah sistem pengurusan yang bersangkut paut dengan hutan, kawasan hutan, dan hasil hutang yang di selenggarakan secara terpadu.9 Menurut Simon, perkembangan teori pengelolaan hutan dapat di kelompokan ke dalam dua kategori yaitu:

a. Kehutanan Konvensional
        Pengelolaan hutan yang termasuk ke dalam kehutanan konvensional adalah penambangan kayu dan perkebunan kayu.

b. Kehutanan modern
         Kehutanan sosial adalah pengelolaan hutan sebagai sumber daya dan pengelolaan hutan sebagai ekosistem.

Pengertian Perikanan

        Di indonesia Menurut UU RI N0. 31/2004 sebagaimana telah di ubah dengan UU RI NO. 45/2009, kegiatan yang termasuk dalam perikanan dimulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran , yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan atau yang disebut dengan agribisnis.10 Perikanan adalah kegiatan manusia yang berhubungan dengan pengelolaan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hayati perairan. umumnya perikanan dimaksudkan untuk kepentingan penyediaan pangan bagi manusia.

a. Pengelolaan Sumberdaya Ikan
        sumberdaya ikan adalah semua upaya termasuk proses yang terintegrasi dalam pengumpulan, alokasi sumberdaya ikan, serta penegakan hukum dari undang-undang dibidang perikanan.

b. Penangkapan Ikan
        Penangkapan ikan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh ikan di perairan yang tidak dalam keadaan dibudidayakan dengan alat atau cara apapun termasuk kegiatan yang menggunakan kapal penangkapan ikan untuk memuat, mengangkut, menyimpan atau mengawetkannya.

c. Pembudidayaan Ikan
        Pembudidayaan ikan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan dan atau membiakkan ikan, memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol.



Baca Juga:
Pengertian Pertanian dan Usahatani

Sumber:
BAB 11 skripsi

Comments

Post Page Ad

mid ad

Bottom Ad